PPAD
KesehatanSerba-serbiTips

Sejuta Manfaat Buah Naga, di Antaranya Cegah Kanker dan Turunkan Gula Darah

PPAD Prosperity— Popularitas buah naga terus meningkat lantaran buah unik ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan bukan hanya buahnya yang bermanfaat bagi kesehatan tapi juga batangnya yang dapat menetralisir racun dalam tubuh. Selain itu batang pohon buah naga juga dapat diolah menjadi berbagai macam pangan.

Secuil profil tentang buah naga. Berasal dari Meksiko, Amerika Utara, juga dari Amerika Tengah dan Selatan. Pohon buah naga masuk dalam jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Tanaman ini berbunga yang mirip bunga Wijayakusuma. Bunga yang tidak rontok akan berkembang menjadi buah.

Dikutip dari WebMD, buah ajaib ini kaya nutrisi. Dalam satu porsi 6 ons buah naga, Anda akan mendapatkan:

Kalori: 102

Lemak: 0 gram

Protein: 2 gram

Karbohidrat: 22 gram

Serat: 5 gram

Gula: 13 gram

Anda juga akan mendapatkan vitamin dan mineral ini:

Vitamin A: 100 unit internasional (IU)

Vitamin C: 4 miligram

Kalsium: 31 miligram

Besi: 0,1 miligram

Magnesium: 68 miligram

Manfaat Kesehatan Buah Naga

Kebun buah naga /tangkap layar youtube Pak Tani Bangkit

Buah naga memiliki banyak potensi manfaat kesehatan, antara lain:

1.Buah ini kaya akan antioksidan seperti flavonoid, asam fenolik, dan betacyanin. Zat alami ini melindungi sel-sel Anda dari kerusakan akibat radikal bebas — molekul yang dapat menyebabkan penyakit seperti kanker dan penuaan dini.

2.Buah naga secara alami bebas lemak dan tinggi serat. Itu membuat camilan yang baik karena dapat membantu Anda kenyang lebih lama di antara waktu makan.

3.Dapat membantu menurunkan gula darah Anda. Para peneliti mengatakan ini mungkin sebagian karena menggantikan sel-sel yang rusak di pankreas Anda yang membuat insulin, hormon yang membantu tubuh Anda memecah gula. Tapi penelitian itu dilakukan pada tikus, bukan manusia. Tidak jelas berapa banyak buah naga yang harus Anda makan untuk mendapatkan manfaat ini.

4.Mengandung prebiotik, yang merupakan makanan yang memberi makan bakteri sehat yang disebut probiotik di usus Anda. Memiliki lebih banyak prebiotik dalam sistem Anda dapat meningkatkan keseimbangan bakteri baik dan jahat di usus Anda.

Secara khusus, buah naga mendorong pertumbuhan probiotik lactobacilli dan bifidobacteria. Di usus Anda, bakteri ini dan bakteri bermanfaat lainnya dapat membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit. Mereka juga membantu mencerna makanan.

5.Memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Buah naga kaya akan vitamin C dan antioksidan lainnya, yang baik untuk sistem kekebalan tubuh Anda.

6.Meningkatkan kadar zat besi Anda. Zat besi penting untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh Anda dan memberi Anda energi, dan buah naga mengandung zat besi. Dan vitamin C dalam buah naga membantu tubuh Anda menyerap dan menggunakan zat besi.

Buah naga umumnya aman untuk dimakan, meskipun penelitian telah melaporkan reaksi alergi yang terisolasi. Gejalanya meliputi pembengkakan lidah, gatal-gatal, dan muntah. Namun hal ini sangat jarang terjadi.

Jika Anda makan cukup banyak buah naga merah, air kencing Anda mungkin berubah menjadi merah muda atau merah. Hal yang sama dapat terjadi jika Anda makan banyak bit. Kencing Anda akan kembali ke warna normal setelah buah keluar dari sistem Anda.***/din

Related posts

Prof Ulfah Bicara Metode Pemuliaan Sengon Unggul Tahan Hama Boktor

admin

bank bjb Kolaborasi dengan Semen Indonesia, Mudahkan Penerimaan Pembayaran Tagihan

admin

Serda Mugiyanto, Petani Lengkeng dengan Penghasilan Rp500 Juta-an

admin

Tanda-tanda Katarak dan Penanganannya

admin

KUB Semakin Kuat, Bertambah Satu Lagi BPD yang akan Bergabung Dalam KUB bank bjb

admin

Ini Buah-buahan yang Dapat Tingkatkan Produksi Sel Darah Merah

admin

Leave a Comment