PPAD
KesehatanSerba-serbi

Cuaca tak Menentu, Waspada Pneumonia Mengintai!

PPAD Prosperity— Dalam kondisi cuaca yang tak menentu seperti sekarang ini, masyarakat harus menjadi lebih waspada karena bisa memicu perkebangan pertumbuhan bakteri lebih cepat. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri adalah pneumonia, infeksi saluran pernafasan.

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, bukan hanya orang dewasa tapi juga anak-anak karena perubahan cuaca yang tak terprediksi.

“Saat ini sedang peralihan cuaca ke musim hujan, namun kadang-kadang cuaca tidak terprediksi. Sehingga hal ini memicu menyebabkan perkembangan pertumbuhan bakteri yang lebih cepat,” dosen imunologi pascasarjana UNAIR Dr Salma Zulqaida SSi MSi sebagaimana dikutip dari unair.ac.id

Pneumonia, kata alodokter, kerap juga disebut dengan istilah paru-paru basah. Bisa menimbulkan gejala yang ringan hingga berat. Beberapa gejala yang umum dialami penderita pneumonia adalah batuk berdahak, demam, dan sesak napas.

Pada kondisi ini, infeksi menyebabkan peradangan pada kantong-kantong udara (alveoli) di salah satu atau kedua paru-paru. Akibatnya, alveoli dipenuhi cairan atau nanah sehingga membuat penderitanya sulit bernapas.

Pneumonia bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, virus atau pun jamur. SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid 19 adalah salah satu jenis virus yang bisa menyebabkan pneumonia. Pneumonia terkadang juga bisa muncul beserta penyakit paru-paru lain, misalnya TB paru.

“Pneumonia merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi pada anak-anak di seluruh dunia. Data dari World Health Organization menyebutkan bahwa pada tahun 2019, sebanyak 740.180 anak-anak meninggal akibat pneumonia,” tulis alodokter.

Penanganan Pneumonia

Pengobatan pneumonia akan disesuaikan dengan penyebab dan tingkat keparahan yang dialami pasien. Pneumonia akibat infeksi bakteri akan ditangani dengan obat antibiotik. Dokter juga dapat memberikan obat pneumonia lain untuk meredakan gejala batuk, demam, atau nyeri.

Pneumonia dapat dicegah dengan beberapa cara, di antaranya menjalani vaksinasi, menjaga kebersihan diri, misalnya rajin mencuci tangan dan tidak menyentuh hidung atau mulut dengan tangan yang belum dicuci, dan menghindari kontak dengan orang yang sedang sakit.***

Related posts

Sukses Dukung Program Kejar, bank bjb Terima Penghargaan OJK

admin

Tim Pati TNI AD Kalahkan Tim Selebritis

admin

Penelitian: Bekatul Dapat Dikonsumsi dan Jadi Pangan Fungsional

admin

Harpelnas 2023, bank bjb Komitmen Tingkatkan Layanan Demi Kepuasan Pelanggan

admin

Direksi bank bjb Raih Predikat Top 100 Outstanding Women Recognition 2023

admin

Kebijakan BI Pertahankan Suku Bunga Acuan Bantu bank bjb Optimalisasi Penyaluran Kredit

admin

Leave a Comment