PPAD
Kesehatan

Tujuh Manfaat Kumur Air Garam untuk Kesehatan Mulut dan Tenggorokan

PPAD Prosperity— Manfaat kumur air garam tidak sekadar menjaga kebersihan mulut dan tenggorokan. Lebih dari itu, air garam juga memiliki beragam manfaat yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri sekaligus mempercepat penyembuhan.

Air garam kerap dijadikan sebagai obat kumur untuk mengatasi keluhan di mulut maupun tenggorokan. Pasalnya, air garam memiliki sifat antiseptik alami yang dapat membasmi berbagai bakteri. Jika dilakukan secara rutin, manfaat kumur air garam ini dapat menjaga kesehatan mulut dan tenggorokan sehingga terhindar dari penyakit.

Berbagai Manfaat Kumur Air Garam

1. Membersihkan karang gigi

Air garam merupakan antiseptik alami yang dapat meningkatkan keseimbangan pH di dalam mulut sehingga mencegah pertumbuhan bakteri penyebab karang gigi. Tidak hanya itu, air garam juga dapat melepaskan partikel makanan atau kotoran di sela-sela gigi yang bisa menyebabkan terbentuknya karang gigi.

2. Menghilangkan bau mulut

Menyikat gigi saja tidak cukup untuk menghilangkan bakteri penyebab bau mulut. Hal ini karena tidak semua bagian gigi dan mulut dapat terjangkau oleh sikat gigi. 

Oleh karena itu, berkumur dengan air garam menjadi salah satu cara efektif agar mulut Anda bersih dari bakteri dan sisa-sisa makanan. Dengan begitu, bau mulut akan teratasi.

3. Meredakan sariawan

Meredakan sariawan juga merupakan salah satu manfaat kumur air garam. Pasalnya, air garam memiliki sifat antiseptik alami yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri di mulut. Hal inilah yang menjadi alasan air garam dipercaya efektif dalam mengatasi luka di mulut, termasuk sariawan.

Selain itu, sifat antiseptik yang dimiliki oleh garam juga dapat mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan sariawan di mulut.

4. Meredakan sakit gigi

Berkumur dengan air garam bisa menjadi pertolongan pertama untuk menghilangkan rasa nyeri yang disebabkan oleh sakit gigi. Manfaat ini diperoleh dari sifat antiseptik alami yang dimiliki oleh garam sehingga dapat membasmi bakteri penyebab infeksi.

5. Meredakan radang gusi

Manfaat kumur air garam lainnya adalah meredakan radang gusi. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa berkumur menggunakan air garam terbukti ampuh untuk menyembuhkan gusi yang bengkak dan kemerahan.

6. Mengatasi sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh bakteri sehingga membuat tenggorokan menjadi gatal dan sakit saat menelan makanan atau minuman. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan air garam sebagai obat kumur guna membunuh bakteri di mulut, termasuk bakteri penyebab sakit tenggorokan.

Air garam bisa membuat pH rongga mulut meningkat dan membuat bakteri penyebab sakit tenggorokan tidak bisa bertahan hidup. Dengan begitu, sakit tenggorokan bisa cepat sembuh.

7. Meredakan batuk

Tidak hanya menyembuhkan sakit tenggorokan, berkumur menggunakan air garam juga dapat meredakan batuk. Hal ini karena air garam bisa mengurangi iritasi sekaligus mengencerkan dahak yang menempel di tenggorokan.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat kumur air garam, Anda dapat membuat sendiri obat kumur ini di rumah. Caranya, campurkan 1 sendok teh garam ke dalam 1 gelas (200–250 mililiter) air hangat kemudian aduk hingga garam larut.

Gunakan air garam ini untuk berkumur selama 10–15 detik di rongga mulut dan bagian belakang rongga mulut, sambil mendongak sedikit. Setelah itu, ludahkan air garam dan ulangi sebanyak 3 kali sehari.

Meski manfaat kumur air garam sangatlah banyak bagi kesehatan, perlu diingat bahwa  air garam tidak bisa digunakan sebagai pengganti obat rutin untuk mengobati penyakit. Anda tetap disarankan berkonsultasi ke dokter jika mengalami kondisi kesehatan tertentu tetapi ingin menggunakan air garam sebagai obat kumur. Hal ini bisa Anda lakukan secara online melalui Chat bersama Dokter.***alodokter

Related posts

Ini 10 Makanan Sumber Zat Besi yang Perlu Anda Tahu

admin

Asam Lambung Tinggi? Coba Atasi dengan 6 Daun Ini!

admin

Inovasi: Garam Gamy untuk Penderita Hipertensi

admin

UNAIR Kembangkan Formula Fermentasi Bawang Putih untuk Lansia

admin

Stroke Ringan dan Cara Menanganinya

admin

Long-term Covid-19, Apa Itu? Ini Penjelasannya

admin

Leave a Comment