PPAD
Berita Mabes AD

Tingkatkan Produksi Pangan, Wakasad dan Mentan RI Serahkan Bantuan Alsintan

PPAD Prosperity— Dalam rangka meningkatkan akselerasi produksi pangan di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel), Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Tandyo Budi R. bersama Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan RI) Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P., menyerahkan secara simbolis bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan), di Kantor Gubernur Sulsel, Makasar, Senin (27/5/2024).

Pada momen tersebut, Kementan RI juga menyerahkan paket bantuan reguler pertanian untuk Provinsi Sulsel tahun 2024 senilai lebih dari Rp 365 Miliar. Sementara bantuan Alsintan dari Kementan RI yang diserahkan Wakasad kepada Brigade Provinsi/Kabupaten/Kota, Kodim serta Kelompok Tani senilai 137 Miliar lebih, diterima oleh Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun.

Dalam sambutannya, Mentan menekankan bahwa perhatian terhadap sektor pertanian tanah air merupakan suatu keharusan. Sebab, petani Indonesia adalah penyokong bangsa dalam hal pemenuhan pangan untuk seluruh masyarakat, sehingga Kementan memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan para penggiat pertanian.

Bantuan yang diserahkan mencakup benih hortikultura, perkebunan, pupuk dan alat mesin pertanian (Alsintan). Pada kesempatan yang sama, Kementan juga memberikan bantuan untuk daerah yang terdampak bencana alam di tujuh Kabupaten/Kota, yaitu Luwu, Enrekang, Sidrap, Wajo, Bone, Pinrang, dan Sinjai.

“Semoga bantuan ini dapat meringankan beban korban (bencana). Sehingga mereka dapat bangkit kembali dan memperkuat perekonomian Sulsel yang sempat terganggu akibat bencana,” tutur Mentan RI.

Tercatat, sebanyak 60 truk berisi bantuan diberangkatkan dari pelataran Kantor Gubernur Sulsel, untuk disalurkan ke tujuh wilayah terdampak bencana tersebut.

Sementara itu, usai mendampingi Menteri Pertanian, Wakasad menyempatkan diri mengunjungi Makodam XIV/Hasanuddin dan memberikan pengarahan kepada prajurit serta PNS, dilanjutkan dengan penanaman pohon. Rombongan Wakasad selanjutnya bertolak ke Batalyon Infanteri 700/ Wira Yudha Cakti. Pada kesempatan tersebut, Wakasad bertatap muka dan memberikan pengarahan kepada para prajurit yang akan melaksanakan tugas operasi. (Dispenad)

Related posts

Jaring Bibit Atlet Berbakat, Pusdikbekang Gelar Taekwondo Championship 2024

admin

TMMD Miliki Nilai Strategis Dalam Percepatan Pembangunan Wilayah

admin

19 Atlet TNI Angkatan Darat Terima Penghargaan

admin

Kasad: Transparansi dan Akuntabilitas, Tuntutan Profesionalisme Prajurit di Era Modern

admin

Tutup Apel Dansat 2024, TNI AD Lepas Tukik dan Burung ke Alam Liar

admin

Bertemu Kasad, Ketua MPR RI Bamsoet Dorong Peningkatan Alutsista dan Kesejahteraan Prajurit

admin

Leave a Comment