PPAD
KesehatanSerba-serbi

Ini yang Terjadi pada Tubuh Anda jika Sering Makan Mie Instan

PPAD Prosperity— Meski praktis dan harganya terjangkau, makanan instan perlu dibatasi konsumsinya. Bila dikonsumsi terlalu sering atau berlebihan, makanan instan dapat memicu berbagai masalah kesehatan yang membahayakan tubuh, mulai dari kolesterol tinggi hingga penyakit jantung. 

Sesuai namanya, makanan instan merupakan jenis makanan yang dapat diproses atau dimasak dalam waktu singkat, sehingga bisa segera dikonsumsi. Tidak heran bila makanan instan kerap menjadi solusi di tengah kepadatan aktivitas atau bagi siapa pun yang tidak memiliki cukup waktu untuk memasak.

Meski begitu, makanan instan mengandung kalori, lemak, garam, dan gula yang tinggi sehingga dapat membahayakan tubuh bila dikonsumsi secara berlebihan. Namun jika Anda tidak mengkonsumsi banyak, tidak terlalu sering, maka makanan ini terbilang aman bagi kesehatan.

Berikut ini paparan alodokter terkait dampak pada tubuh jika terlalu sering mengkonsumsi mie instan.

1. Masalah pencernaan

Makanan instan memiliki kandungan serat yang rendah, bahkan tidak ada sama sekali. Padahal, kurangnya asupan serat dalam tubuh bisa menyebabkan terjadinya berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit atau konstipasi.

2. Obesitas

Makanan instan cenderung memiliki kalori yang tinggi dan mengandung lebih banyak lemak serta karbohidrat. Bila dikonsumsi secara berlebihan, makanan instan dapat meningkatkan risiko terjadinya kelebihan berat badan, bahkan obesitas.

3. Tekanan darah tinggi

Tidak hanya obesitas, tekanan darah tinggi atau hipertensi juga dapat mengintai orang yang sering mengonsumsi makanan instan. Ini karena tingginya kandungan garam di dalamnya bisa membuat tubuh menahan lebih banyak cairan, sehingga meningkatkan volume dan tekanan darah.

4. Diabetes

Makanan instan juga mengandung banyak karbohidrat sederhana dan gula, sehingga meningkatkan risiko terjadinya gangguan penyerapan gula ke dalam sel yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

5. Penyakit jantung

Bila memiliki tekanan darah tinggi atau diabetes dan kebiasaan konsumsi makanan instan tetap dilakukan, risiko mengalami gangguan jantung pun akan meningkat. Gangguan di jantung bisa berupa gagal jantung, jantung bengkak, bahkan serangan jantung.

6. Stroke

Kebiasaan mengonsumsi makanan instan juga dapat memicu terjadinya stroke di usia muda. Ini karena terlalu banyak konsumsi makanan instan bisa meningkatkan kolesterol dalam darah dan membentuk plak yang berisiko mengakibatkan stroke.

7. Radang sendi

Kelebihan berat badan atau obesitas akibat konsumsi makanan instan secara berlebihan dapat memberikan tekanan ekstra pada persendian, terutama pinggul dan lutut. Hal ini tentunya dapat meningkatkan risiko terkena radang sendi yang gejalanya berupa nyeri sendi, bengkak, dan kemerahan.

8. Serangan asma

Terlalu sering konsumsi makanan instan hingga menimbulkan obesitas juga dapat meningkatkan risiko terkena serangan asma dan memperburuk gejalanya. Jaringan lemak yang berlebihan, terutama yang menumpuk di area dada, bisa memperparah peradangan di saluran pencernaan dan memengaruhi fungsinya.

9. Suasana hati memburuk

Selain beberapa penyakit di atas, makanan instan juga dapat memengaruhi suasana hati. Beberapa penelitian membuktikan bahwa makanan tinggi gula dan tinggi lemak dapat memperburuk suasana hati, bahkan meningkatkan risiko terjadinya depresi.

Makanan instan berisiko menyebabkan berbagai masalah kesehatan bila dikonsumsi secara berlebihan, sehingga Anda disarankan untuk membatasi asupannya.

Daripada mengonsumsi makanan instan sebagai menu makan sehari-hari, lebih baik terapkan pola makan sehat yang tentunya dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Anda pun dapat berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan pola makan yang sesuai dengan kondisi kesehatan dan kebutuhan Anda.***alodokter

Related posts

UU Kesejahteraan Lansia Upaya Berikan Kehidupan Layak Bagi Warga Berusia Senja

admin

Sukses Akselerasi Bisnis, bank bjb Raih Penghargaan Innovative Bank in Digital Acceleration

admin

Dukung Pemerataan Akses Keuangan, bank bjb Ambil Bagian Dalam Fin Expo 2023

admin

Wasiat “Kita Jaga Alam” Doni Monardo kepada MIND ID

admin

Skrining 14 Jenis Penyakit ini Gratis, Kemenkes Minta Masyarakat Memanfaatkannya

admin

Tim Peneliti IPB University Hasilkan Berbagai Varietas Sorgum

admin

Leave a Comment