PPAD
KesehatanSerba-serbi

Delapan Manfaat Terapi Air Hangat bagi Kesehatan

PPAD Prosperity— Manfaat terapi air hangat yang paling dikenal adalah memberikan efek relaksasi bagi tubuh. Selain membuat tubuh menjadi lebih rileks, terapi air hangat juga menawarkan beragam manfaat lain untuk kesehatan, salah satunya adalah meredakan nyeri pada penderita arthritis.

Sesuai namanya, terapi air hangat atau pool therapy merupakan jenis pengobatan yang menggunakan air hangat sebagai medianya. Terapi ini memanfaatkan sifat serta suhu air untuk membantu penyembuhan dan meningkatkan kemampuan fisik.

Manfaat terapi air hangat sebenarnya sudah bisa didapatkan dengan berendam air hangat. Namun, pada penderita kondisi medis tertentu, manfaat terapi akan lebih maksimal didapatkan jika menjalani pool therapy yang dipandu oleh terapis.

Dikutip dari alodokter, ini berbagai manfaat terapi air hangat

Melakukan terapi air hangat dengan cara berendam atau melakukan pool therapy memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Berikut adalah manfaat lain terapi air hangat yang bisa Anda peroleh:

1.Melancarkan sirkulasi darah

Salah satu manfaat terapi air hangat adalah lebih sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Pasalnya, air hangat mampu melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran darah akan lebih lancar.

Dengan sirkulasi darah yang lancar, sel dan jaringan dapat memperoleh pasokan oksigen dan nutrisi yang cukup, sehingga Anda pun akan terhindar dari risiko terkena penyakit yang berhubungan dengan penyumbatan pembuluh darah.

2.Menurunkan tekanan darah

Manfaat terapi hangat yang satu ini masih berhubungan dengan manfaatnya dalam melancarkan sirkulasi darah. Efek melebarkan pembuluh darah yang dihasilkan saat tubuh berendam air hangat akan membuat darah lebih mudah mengalir. Hasilnya, tekanan darah pun menurun.

3.Mencegah penyakit jantung

Manfaat terapi air hangat ini baik bagi Anda yang menderita penyakit darah tinggi (hipertensi). Karena darah tinggi merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung, terapi air hangat juga dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular).

Hal ini didukung oleh penelitian yang menyebutkan bahwa pria yang lebih sering berendam air hangat memiliki risiko terkena penyakit jantung yang lebih rendah.

4.Merelaksasi otot

Selain melancarkan peredaran darah, terapi air hangat juga bisa digunakan untuk merelaksasi tubuh. Hal ini dikarenakan suhu air yang hangat dapat melemaskan otot-otot yang tegang.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Anda akan merasa lebih segar dan bugar setelah berendam air hangat atau menjalani pool therapy. Manfaat terapi air hangat ini akan lebih terasa ketika Anda mengalami badan pegal dan nyeri otot setelah beraktivitas maupun berolahraga.

5.Meredakan stres

Efek relaksasi yang dirasakan saat berendam atau melakukan terapi air hangat juga dapat meredakan stres. Penelitian juga menyebutkan bahwa terapi air hangat dapat mengatasi kelelahan dan memperbaiki suasana hati.

Selain itu, terapi air hangat juga dapat menurunkan amarah, kecemasan, dan depresi.

6.Meredakan nyeri sendi

Manfaat terapi hangat yang mungkin belum banyak diketahui adalah meredakan nyeri, terutama pada penderita arthritis.

Daya apung yang diberikan saat terapi berlangsung dapat menurunkan bobot tubuh, sehingga mengurangi beban dan tekanan pada sendi. Hasilnya, nyeri akibat peradangan sendi pun mereda.

Salah satu gerakan terapi yang disarankan bagi penderita arthritis adalah berjalan di dalam air. Ketika berjalan di air, penderita membutuhkan upaya yang lebih besar daripada berjalan di darat.

Hal ini memungkinkan penderita radang sendi untuk melatih kekuatan otot dan sendi, serta meningkatkan kelenturan tubuh secara keseluruhan.

Agar manfaat terapi air hangat ini lebih maksimal, Anda disarankan untuk berlatih 2–3 kali seminggu dengan durasi tidak lebih dari 20 menit di setiap sesinya.

7.Mendukung proses pemulihan cedera

Terapi air hangat dapat menjadi salah satu metode rehabilitasi untuk orang yang mengalami cedera. Manfaat terapi air hangat ini bisa didapatkan jika Anda menjalani pool therapy yang dibimbing oleh terapis.

Terapis akan memandu Anda untuk melakukan gerakan yang bertujuan untuk melatih keseimbangan, koordinasi, kekuatan, dan ketahanan.

Jika dilakukan secara rutin, manfaat terapi air hangat yang dapat dirasakan adalah berkurangnya nyeri dan kembalinya fungsi sendi atau otot yang cedera.

8.Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat terapi air hangat berikutnya yang bisa Anda dapatkan adalah membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Pasalnya, setelah melakukan terapi air hangat, suhu tubuh akan turun lebih lambat, sehingga Anda menjadi lebih rileks.

Tubuh yang rileks akan memudahkan Anda tertidur dan bisa membuat tidur Anda lebih nyenyak.***alodokter

Related posts

Peningkatan Kasus Covid Naik 6 Kali Lipat, Masyarakat Jangan Lengah Disiplin Prokes

admin

Restu Ibu Tumpah di Pasir Permisan

admin

Dana CSR BUMN Pupuk Perlu Diarahkan untuk Pelaku Pertanian, Perkebunan, dan Hortikultura

admin

Tujuh Terapi Stroke Ringan untuk Mencegah Terjadinya Stroke Berat

admin

Dosen Muda IPB University Paparkan Cara Budidaya Lebah tak Bersengat

admin

Teknologi dan Kearifan Lokal Jurus Ampuh Atasi Krisis Air Akibat Perubahan Iklim

admin

Leave a Comment