PPAD
Serba-serbiTipsWirausaha

Tips Sukses Memasarkan Produk Baru

PPAD Prosperity— Memasarkan produk baru bukan hal yang mudah. Bahkan bisa dibilang super sulit. Tanpa strategi yang tepat, akan sulit membuat produk baru diterima pasar meskipun produk tersebut sejatinya berkualitas bagus. Penguasaan medan, mempelajari pesaing dan calon konsumen merupakan hal yang penting.

Wayan Supadno, mantan tentara yang kini sukses sebagai pengusaha membeberkan permasalahan ini secara gamblang. Ia menyebut, mutu produk dan pemasaran adalah sama pentingnya. “Mutu (produk) yang hebat tanpa pemasaran yang hebat, akan kurang berdampak. Begitu pun sebaliknya,” ungkapnya.

Lantas Wayan Supadno pun memaparkan apa yang harus dilakukan agar produk dapat diterima pasar yang penuh persaingan sengit. Dikutip dari laman wayansupadno.com, Hal pertama, katanya, Konsisten mengontrol mutu ( quality control ). Konsisten melakukan riset agar harga pokok produksi (HPP) makin rendah, mutu sama. Agar bisa dijual lebih murah lagi. Laba petani tambah.

Hal kedua, Membentuk tim pemasar yang handal.

“Awal penetrasi pasar langsung saya sendiri yang melakukan. Dengan kajian analisa intelijen pasar terlebih dulu. Data terkumpul, dikompilasi, dianalisa dan disimpulkan. Agar tahu persis apa maunya pasar targetnya,” jelasnya.

Hal lainnya adalah Strateginya dalam STP ( segmenting, targeting, positioning ) harus tepat agar goal setting nya mudah direkayasa simulasi dalam merebut pasarnya. Barulah taktis dan teknis pendekatannya.

Melakukan demplot (demonstrasi plot) dengan multi komoditas dan multi lokasi. Saat sedang panen dipublikasikan apa adanya. Nama petani, alamat lengkap, HP nya dan komoditasnya.

“Pola itu agar jadi testimoni apa adanya. Agar petani bisa melihat sendiri ke lahan milik sesama petani. Tanaman paling jujur mengekspresikan asupan dan hasilnya dibandingkan manusia sekalipun. Non rekayasa,” tambah Wayan Supadno yang pernah berdinas di Puskes Mabes TNI.***

Related posts

Ampas Kelapa Berharga dari Halmahera

admin

Bahaya Penyakit SARA pada Sapi, Ini Tips Mencegahnya

admin

Jemaah Haji Risiko Tinggi Silahkan Unduh Aplikasi TeleJemaah

admin

bank bjb Kembali Tawarkan SBR 012, Ada Dua Pilihan Investasi Menarik

admin

bank bjb Sabet 8 Penghargaan di 12th Infobank Digital Brand Recognition 2023

admin

Apresiasi Agen Laku Pandai, bank bjb Bagi-bagi Hadiah untuk Ratusan Agen bjb BiSA

admin

Leave a Comment