PPAD
KesehatanSerba-serbi

Terapi Holistik, Cara Meredakan Stres yang Efektif

PPAD Prosperity— Terapi holistik bertujuan untuk meningkatkan kesehatan mental, fisik, dan spiritual yang berdampak pada kualitas hidup. Terapi ini dilakukan tanpa menghentikan pengobatan medis yang sedang dijalani seseorang dan dapat meliputi berbagai jenis terapi lain, seperti hipnosis, teknik pernapasan, dan meditasi.

Metode terapi holistik umumnya diawali dengan teknik mindfulness atau kesadaran diri. Tujuannya untuk memahami hubungan antara tubuh, pikiran, dan aspek lain yang berperan pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Beberapa teknik yang sering digunakan dalam terapi holistik meliputi: Latihan pernapasan, Imajinasi yang dipandu, Hipnosis, Meditasi, Tai chi, Yoga dan Akupunktur.

Selain teknik terapi holistik di atas, terapis juga akan menggabungkan pendekatan psikoterapi, seperti terapi perilaku kognitif. Seorang terapis dapat menerapkan lebih dari satu teknik agar pasiennya dapat mengenali dan mengelola gejala yang sedang dialami.

Jenis-Jenis Terapi:

Terapi Holistik

Metode terapi holistik yang dijalani seseorang dapat berbeda-beda sesuai kebutuhannya, tetapi secara umum terapis akan menerapkan semua aspek terapi holistik yang meliputi:

Terapi somatik

Jenis terapi ini berpusat pada tubuh, khususnya pancaindra. Beberapa bentuk terapi yang menerapkan aspek ini adalah teknik pernapasan, peregangan, akupunktur, dan grounding.

Terapi pikiran dan tubuh

Terapi pikiran dan tubuh merupakan teknik terapi yang mengoptimalkan koneksi antara tubuh dan pikiran, misalnya melalui meditasi.

Terapi spiritual

Terapi spiritual merupakan suatu pendekatan yang memasukkan sistem kepercayaan dan keyakinan seseorang.

Terapi integratif

Terapi integratif merupakan gabungan semua aspek di atas yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan fisik dan mental seseorang. Sebagai contoh, bila seseorang mengalami nyeri kronis di punggung, terapinya tidak memberikan tekanan yang terlalu besar dan lama di punggung.

Beragam Manfaat Terapi Holistik

Terapi holistik dapat meredakan gejala dari berbagai kondisi, seperti: Kecanduan, Depresi, Kecemasan, Stres, Trauma, Penurunan fungsi otak, Rasa nyeri kronis, dll.

Selain bermanfaat untuk meredakan berbagai masalah di atas, terapi holistik juga dapat digunakan sebagai langkah pencegahan. Berbagai teknik yang diterapkan mampu mencegah terjadinya gangguan emosional, fisik, maupun sosial seseorang.

Meski manfaatnya baik untuk meredakan berbagai masalah kesehatan, terutama aspek psikologis, penting untuk diingat bahwa terapi holistik tidak boleh menggantikan pengobatan utama yang sedang dijalani. Terapi ini dapat digunakan bersamaan dengan perawatan lain untuk mempercepat proses penyembuhan.

Jika Anda hendak menggunakan terapi holistik untuk menyembuhkan kondisi tertentu, sebaiknya konsultasikan ke dokter lebih dulu. Dengan begitu dokter dapat menilai apakah terapi ini sejalan dengan perawatan yang sedang dilakukan atau tidak.***alodokter

Related posts

Silaturahmi Kasad dengan Pemred Media di Hari Jadi Penerangan TNI AD

admin

Alpukat Pameling, Ukuran Jumbo dengan Daging Tebal Dicari Pasar Eropa

admin

Dorong Kesiapsiagaan Bencana, Sekolah Lapang Gempa Bumi dan Tsunami Digencarkan

admin

Kejuaraan Tinju Piala Kadispora DKI Jakarta, Ketum Pertina Komaruddin: Saya Senang telah Bermunculan Petinju-Petinju Berbakat

admin

Tanam Mangrove: Mitigasi Bahaya Tsunami Kawasan Pacitan dengan Vegetasi

admin

Doni Monardo Minta BUMN Tambang Transparan Kelola CSR

admin

Leave a Comment