PPAD
Berita Terkini

Press Release Terkait KKB di Papua

Dalam menghadapi situasi terkini seputar berita penembakan KKB di Papua PPAD merespon dan memberikan pernyataan secara resmi dengan mengeluarkan Pernyataan Sikapnya yang berisi :

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Nurcholis Majid

Persatuan Purnawirawan TNI AD (PPAD) menaruh perhatian khusus atas adanya penyerangan yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB) terhadap puluhan pekerja proyek pembangungan jalan dari PT Istaka Karya di Kabupaten Nduga, Papua.

PPAD melihat kehadiran Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang diduga dalang dari aksis brutal tersebut semula dilatari oleh masalah keadilan sosial yang belum baik.

Kemudian bergulir tidak terkendalikan oleh Pemerintah Pusat, sehingga kini sudah sampai pada kompleksitas masalah yang rumit.

“Sudah menjadi isu Internasional. terutama dengan kehadiran dan aksi-aksi gerombolan separatis bersenjata, serta campur tangan pihak asing,” ujar Ketua Umum PPAD, Kiki Syahnakri, dikantornya, Jakarta Timur, Jumat (7/12/2018).

Sehingga Kiki menilai tentang Gerombolan Separatis Bersenjata Organisasi Papua Merdeka (GSB-OPM). sepatutnya tidak lagi disebut sebagai Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) sabagaimana penyebutannya selama ini.

“Karena tujuan mereka jelas untuk memisahkan diri dari NKRI, sudah terorganisasikan sebagai organisasi militer dan sering melakukan aksi-aksi kekerasan bersenjata, sehingga kehadirannya sudah dapat dikategorikan sebagai pemberontakan bersenjata terhadap NKRI,” ujar Kiki.

“Dan memenuhi syarat disebut sebagai kelompok kombatan yang patut ditumpas secara militer,” sambungnya.

PPAD menyarankan kepada pemerintah untuk menangani masalah Papua secara terpadu.

Serta yang harus selalu dipegang adalah “Memenangkan Hati dan Pikiran Rakyat Papua“.

“Mengingat akar masalahnya adalah keadilan sosial, maka mendorong Pemerintah untuk menangani masalah Papua secara terpadu, dilakukan oleh semua pemangku kepentingan,” kata Kiki

Related posts

Waspada Cuaca Ekstrem, BMKG Imbau Pemudik Aktif Pantau Informasi Cuaca Sebelum Mudik Lebaran

admin

Potensi Ekspor: Dibanding Kopi Brazil, Negara-negara Arab Lebih Suka Kopi Indonesia

admin

Pengamat Pertanian UGM: Regenerasi Petani Jadi Masalah Semua Negara

admin

Kabar Gembira untuk Petani! Pupuk Bersubsidi akan Ditambah

admin

Konsisten Akselerasi Bisnis bank bjb, 3 Direksi bank bjb Raih Penghargaan dari Infobank

admin

Cabe Jawa Bagus untuk Penderita Diabetes dengan Risiko Komplikasi Alzheimer’s, Ini Penjelasannya

admin

Leave a Comment