PPAD
Serba-serbiWirausaha

Perkenalkan, Cantini Agrihorti Bunga Cantik dari Balithi

PPAD Prosperity— Bisnis tanaman hias tidak ada matinya. Betapa tidak dalam segala kegiatan, baik suka maupun duka, pasti membutuhkan tanaman hias untuk melengkapi acara. Salah satu tanaman hias yang kini tengah jadi sorotan adalah Cantini Agrihorti, tanaman hias komoditas gerbera yang dilepas Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi), Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) pada tahun 2018.

Pemulia di Balithi Ir. Kurnia Yuniarto, M.P., menerangkan Cantini Agrihorti memiliki tangkai tebal berdiameter 6,7 cm dan panjangnya 41,5—48,3 cm. Gerbera semi ganda ini berwarna merah muda bergradasi terang di lapisan bunga pertama dan lebih gelap pada lapisan kedua, serta piringan di bagian tengah berwarna hijau kekuningan.

Cantini sendiri dalam Bahasa Sunda bermakna cantik, nama ini sangat sesuai dengan ciri khas gerbera ini.

Cantini mampu bertahan hingga 17 hari dalam vas, dapat menghasilkan 3—5 anakan per tahun. Petani memanen cantini pada umur 3—5 bulan setelah tanam.

Umur panen bergantung kondisi anakan. Bila anakan cenderung muda, bunga perdana muncul 3 bulan setelah dipisahkan dari induk.***litbang.pertanian.go.id

Related posts

Indonesia Kekurangan Susu Segar Lokal, Peluang Peternak Sapi Perah Tingkatkan Produksi

admin

Semangat Kemerdekaan 78 Tahun Indonesia, bank bjb Banjir Promo

admin

Peringatan untuk yang Terlalu Banyak Duduk, Waspada 12 Penyakit Mengintai Anda

admin

Sido Rempah, Meracik Ulang Kejayaan Rempah Nusantara

admin

Bandung bjb Tandamata Juara Proliga 2023

admin

Jangan Sepelekan Tidur! Ini Penjelasan Ahli Sleep Disorders

admin

Leave a Comment