PPAD
Berita Mabes AD

Kodim 0303/Bengkalis Panen 39,5 Ton Padi di Siak Kecil

PPAD Prosperity— Program 1.000 hektar lahan ketahanan pangan Korem 031 Wira Bima di wilayah Kodim 0303/Bengkalis terus digalakkan oleh seluruh prajurit yang tersebar di berbagai Koramil jajaran Kodim 0303/Bengkalis

Sebagaimana saat ini, Kodim Bengkalis berhasil panen padi dengan berat sekira 39,5 ton di Desa Lubuk Gaung, Kecamatan Siak Kecil, Selasa (4/7/2023).

Di wilayah itu, Kodim 0303/Bengkalis bersama aparat pemerintah, kelompok tani dan masyarakat setempat menggarap seluas 31 hektar lahan tidur menjadi sawah nan produktif. Dalam perjalanannya, masa panen telah berlangsung sejak 28 Juni lalu pada lahan seluas 3 hektar milik Iswanto dengan hasil panen padi seberat 6 ton.

Kemudian pada 30 Juni proses panen juga dilakukan pada lahan seluas 4 hektar milik Rajidin dan Rasno dengan berat panen sekira 7,5 ton padi. Lalu panen berlanjut pada 3 Juli di lahan seluas 5 hektar milik Kustoro dan Sudarsono dengan berat 12,5 ton.

Terakhir, jajaran Kodim 0303/Bengkalis melalui Babinsa Koramil 05 Bukit Batu kembali memanen padi pada lahan seluas 6 hektar milik Watin, Sukimin dan Jayadi dengan hasil panen seberat 13,5 ton.

“Sawah yang ada di Lubuk Gaung, Kecamatan Siak Kecil seluas 31 hektar, jadi sejak 28 dan 30 Juni serta 3 dan 4 Juli Kodim 0303 Bengkalis dan masyarakat setempat berhasil memanen seberat 39,5 ton padi dari 18 hektar sawah berkat kolaborasi produktif yang kita gaungkan dengan seluruh komponen bangsa termasuk masyarakat dalam mendukung program 1.000 hektar lahan ketahanan pangan Korem 031 Wira Bima,” kata Komandan Kodim 0303 Bengkalis, Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto.

Adapun hasil panen padi yang diperoleh, kata Dandim, lebih dulu dicatatkan datanya oleh Babinsa dan kedinasan terkait untuk kemudian digiling guna dipasarkan kepada masyarakat dengan harga yang lebih terjangkau.

Cara itu, ungkap Letkol Endik, menjadi jalan dan kontribusi nyata TNI Angkatan Darat hadir di tengah masyarakat dalam mengatasi setiap kesulitan yang dialami.

“Hasil panen kita pergunakan untuk menopang kebutuhan pangan masyarakat dengan harga murah, jadi daya belinya tetap terjaga dengan baik di tengah gejolak inflasi pasar. Selain itu, hasil panen juga kita jadikan sebagai stok lumbung pangan. Cara itu kita lakukan sebagai komitmen mendukung kemandirian pangan, guna mewujudkan kabupaten Bengkalis sebagai lumbung pangan yang mensejahterakan masyarakat,” ujar Dandim Bengkalis Letkol Endik YH. (Dispenad)

Related posts

Kapita Ahi Besi Malamo, Gelar Baru Kasad dari Kesultanan Ternate

admin

Prajurit TNI Bangun Jembatan Bailey untuk Akses Batuan Kemanusiaan di Tanah Datar

admin

Serah Terima Jabatan Asintel dan Aslog Kasad

admin

Aplikasi Super Elektronik Tabungan Wajib Perumahan TNI AD Diluncurkan

admin

Wow!! Wakasad Letjen Agus Manggung di Konser Musik Dewa 19

admin

Tim Pati TNI AD Kalahkan Tim Selebritis

admin

Leave a Comment