PPAD
Berita Mabes ADWirausaha

Kebun Cabe Sertu Irwan Tingkatkan Perekonomian Warga Desa Tabu Darat Hilir

PPAD Prosperity— Babinsa tangguh “Bangun Ekonomi Kampung Halaman, hadir di tengah-tengah kesulitan rakyat dan senantiasa menjadi solusi. Adalah Sertu Irwan Yuliadi Babinsa Koramil 1002-04/Labuan Amas Selatan Kodim 1002/HST Korem 101/Antasari yang telah mendedikasikan diri membangun ekonomi kampung halaman dengan bertanaman cabe, Minggu (2/7/2023).

Berawal dari lahan kosong milik orang tuanya, Sertu Irwan Yuliadi berkebun cabe dengan luas 30 meter persegi.

Berkat ketekunan dan semangat pantang menyerah serta selalu berkoordinasi dengan PPL di desa Tabu Darat Hilir, perkebunan cabe yang dibangun Sertu Irwan berhasil dengan baik. Hasil panen pun melimpah,

Dengan keberhasilan tersebut, Sertu Irwan Yuliadi mengajak warga binaan yang juga warga kampung halamannya untuk mengembangkan tanaman cabe.

Saat ini kebun Sertu Irwan Yuliadi sudah mencapai kurang lebih satu hektar, dari kebun cabe tersebut Sertu Irwan Yuliadi dapat memperkerjakan warga sekitar 5 sampai 10 orang setiap hari.

Sertu Irwan Yuliadi panen cabe bersama warga desa/foto: Dispenad

Hasil panen perdana lahan 30 meter segi, mendapat hasil 5 kilogram dan kini dengan lahan satu hektar, kebun cabe Sertu Irwan Yuliadi menghasilkan 300 kilogram.

Dalam berkebun cabe tentunya terdapat suka dan duka, ketika tanaman cabe diserang hama dan harga anjlok merupakan duka bagi Sertu Irwan Yuliadi. Tetapi sisi lain Sertu Irwan Yuliadi dapat memperkejakan 5 sampai 10 orang setiap hari, ini merupakan kepuasan tersendiri baginya.

Sertu Irwan Yuliadi juga memotivasi para Babinsa yang lain agar dapat memberikan contoh kepada warga binaan yang bermanfaat bagi warga binaan.

Sementara itu Danramil 1002-04/Labuan Amas Selatan Kapten Inf Moh.Alip Suroso menyampaikan bahwa selain mengembangkan kebun cabe, Sertu Irwan Yuliadi juga membentuk kelompok tani.

Menurutnya kegiatan tersebut sangat bermanfaat sekali, karena selain sebagai edukasi, juga dapat meningkatkan ekonomi pertanian sekaligus ketahanan pangan.

Sedangkan Asmadi salah satu warga desa Tabu Darat Hilir menyampaikan terimakasih kepada Babinsa (Sertu Irwan Yuliadi) “Berkat kerja di kebun cabe ekonomi semakin baik,” ungkapnya. (Dispenad)

Related posts

Kick Off Liga Santri Piala Kasad Digelar di Jombang, Jenderal Dudung Cek Langsung Persiapannya

admin

Tentara Hebat,Negara Aman

admin

Pangdam V/Brawijaya: Bila Ada Indikasi Radikalisme Jangan Ragu segera Laporkan

admin

Revitalisasi Pendidikan TNI AD di Era Disrupsi

admin

PASTI Bersama BNPB Gelar Seminar Nasional Penanggulangan Bencana

admin

Tingkatkan Kesejahteraan Pelaku Sektor Pertanian, bank bjb Raih Penghargaan Kementan RI

admin

Leave a Comment