PPAD
Berita TerkiniProgram PPAD

Ke Kompas, Doni Kembali

JAKARTA, PPAD-PROSPERITY – Untuk kesekian kalinya, Letjen TNI (Purn) Dr (HC) Doni Monardo menyambangi kantor (Harian) Kompas. Ada sejarah yang cukup panjang yang manautkan nama Doni dengan Kompas.

Berawal dari interaksinya dengan wartawan Kompas yang bertugas di Istana, Joseph Osdar, kemudian berkawan dengan pimpinan redaksi Suryopratomo (sekarang Dubes RI di Singapura), hingga persahabatannya dengan pendiri Kompas, (alm) Jakob Oetama. Silaturahmi itu masih terjaga. Termasuk silaturahmi dengan insan pers lain.

Interaksi Doni dengan Jakob Oetama bahkan sejak Doni masih menjabat Dan Paspampres (2012 – 2014). Suatu hari di tahun 2013, Doni mendatangi Jakob Oetama dan memberikan sebatang bibit pohon ulin. Doni tahu betul, Jakob seorang pecinta pohon dan lingkungan, serta sosok manusia yang sangat humanis. Mereka terlibat pembicaraan pohon ulin yang sangat unik dan pelik.  

Tidak heran jika, Doni Monardo sangat familiar dengan para personel Kompas termasuk banyak kuli tinta dari berbagai media lain. Padahal, isu dan topik seputar Doni tak pernah jauh dari persoalan yang “tidak seksi” dari sudut pandang “konsumsi berita”. Doni jauh dari “isu panas”, apalagi konflik politik.

Topik yang melekat pada Doni selama aktif di militer –dan di berbagai medan tugas– tak jauh dari emas hijau, emas biru, konservasi mangrove, reboisasi, pembibitan pohon, bersih-bersih sungai (Citarum Harum), peningkatan kesejahteraan rakyat, atau isu-isu kebencanaan (alam dan non alam) dalam kapasitas sebagai Kepala BNPB dan Ketua Satgas Covid-19 (2019-2021).

Doni cukup “pelit” memberi informasi seputar prestasi dirinya, baik di medan operasi hingga penugasan-penugasan khusus seperti pembebasan kapal Sinar Kudus di Somalia, dan lain-lain.

Pertemuan Kamis (20/1/2022) itu pun berlangsung hangat. Banyak diskusi bergulir di ruang pertemuan Menara Kompas, Jl. Palmerah Selatan, Jakarta Pusat. Topik yang terbentang menjadi diskusi panjang, dimulai dari soal-soal kebencanaan, lalu aktivitas reklamasi lahan eks tambang dalam kapasitas sebagai Komisaris Utama PT MIND ID (Mining Industry Indonesia), hingga posisinya sebagai Ketua Umum Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD). (rr)

Ketua Umum PPAD, Letjen TNI (Purn) Dr (HC) Doni Monardo (kiri) saat berdiskusi dengan awak redaksi Harian Kompas. (foto: een)

Related posts

Bagaimana Menyikapi “Multidimensionalitas” Krisis

admin

Mayor (Pur) Wayan Supadno: Modal Rp150 Juta Dapat 25 Ton Buah Naga, Mau?

admin

Purnawirawan TNI-Polri Bersatu pasca Pemilu

admin

Nasihat Mayor Purn Wayan Supatno untuk yang Mimpi Jadi Pengusaha

admin

Perintah Kasad Jangan Ragu untuk Bertindak Tegas

admin

Mayjen Komaruddin Simanjuntak Minta Wasit dan Hakim Tinju Pra PON Profesional

admin

Leave a Comment