PPAD
Kesehatan

Jangan Sembarangan Gunakan Daun Sirih untuk Pengobatan Mata

PPAD Prosperity— Ada banyak manfaat kesehatan dari daun sirih. Salah satunya adalah mengobati sakit mata. Namun, sebelum menggunakan daun sirih sebagai obat sakit mata, ketahui dulu fakta keamanannya agar justru tidak memperburuk kondisi yang dialami.

Dikutip dari alodokter, daun sirih mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti vitamin A, vitamin C, serta antioksidan seperti flavonoid dan fenol. Selain itu, daun sirih juga memiliki sifat antibakteri. Beragam nutrisi tersebutlah yang membuat masyarakat percaya akan manfaat daun sirih untuk mata. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, daun sirih direbus lalu air rebusannya digunakan sebagai obat untuk mengatasi berbagai sakit mata.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun sirih bermanfaat sebagai antibakteri berkat kandungan fenol dan turunannya, seperti tanin, flavonoid, dan saponin. Sifat antibakteri pada daun sirih inilah yang membuatnya dipercaya sebagai obat mata. Berkat kandungan antibakteri dan antioksidan yang terkandung di dalam daun sirih, ada beberapa manfaat daun sirih untuk mata yang bisa diperoleh, antara lain:

Mengobati konjungtivitis

Konjungtivitis adalah iritasi pada salah satu bagian mata yang paling umum terjadi. Iritasi ini terjadi pada selaput yang melapisi permukaan bola mata dan kelopak mata bagian dalam. Kondisi yang menyebabkan mata merah ini umumnya disebabkan oleh infeksi virus, infeksi bakteri, reaksi alergi, atau iritasi di mata.

Manfaat daun sirih untuk mata bisa Anda gunakan untuk mengobati konjungtivitis. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa antibakteri yang terkandung di dalam ekstrak daun sirih dapat membunuh bakteri penyebab konjungtivitis, khususnya bakteri Staphylococcus.

Mencegah katarak

Selain mengobati konjungtivitis, manfaat daun sirih untuk mata yang cukup popular di kalangan masyarakat adalah mencegah katarak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi antioksidan, seperti vitamin C, dapat mencegah katarak. Jika sudah menderita katarak, antioksidan bermanfaat untuk memperlambat perburukan kondisinya.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ekstrak daun sirih mengandung vitamin A, vitamin C, flavonoid, dan fenol yang bersifat antioksidan. Kandungan-kandungan itulah yang membuat daun sirih dipercaya dapat mencegah katarak.

Meski demikian, penelitian langsung terhadap manusia sebenarnya masih sangat minimal. Oleh karena itu, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat daun sirih untuk mata, khususnya untuk mencegah katarak.

Fakta Keamanan Daun Sirih untuk Mata

Daun sirih memang sudah dikenal banyak memiliki manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk mengobati berbagai keluhan mata. Cara menggunakan daun sirih untuk mengobati sakit mata yang banyak dilakukan masyarakat adalah dengan menjadikan air rebusan daun sirih sebagai cairan pencuci mata atau menempelkan daunnya langsung ke mata.

Namun, pemakaian daun sirih untuk mata belum terjamin kebersihan dan keamanannya. Hal ini karena air rebusan daun sirih yang dibuat sendiri di rumah mungkin memiliki tingkat keasaman atau pH yang tidak sesuai dengan kondisi mata. Selain itu, kontaminasi mikroorganisme juga sangat mungkin terjadi dalam proses racikan daun sirih yang justru bisa menjadi penyebab konjungtivitis. Oleh karena itu, Anda tidak disarankan meracik daun sirih sendiri di rumah untuk obat mata.

Meskipun sejumlah penelitian di atas telah menunjukkan potensi yang menjanjikan terhadap manfaat daun sirih untuk mata, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan keampuhan, keamanan, dan dosis daun sirih yang sesuai untuk mengobati sakit mata.

Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan manfaat daun sirih untuk mata, sebaiknya konsultasikan lebih dulu dengan dokter. Begitu juga halnya jika Anda terlanjur menggunakan daun sirih untuk mengatasi keluhan mata tetapi keluhan tersebut tidak kunjung sembuh.***alodokter

Related posts

Laki-Laki Lebih Berpotensi Terkena Parkinson, Waspadalah!

admin

Pencegahan dan Penanganan Penyakit Diabetes Melitus dengan Taman Terapi

admin

Kopi Hijau? Ini Manfaat dan Risikonya

admin

Peningkatan Kasus Covid Naik 6 Kali Lipat, Masyarakat Jangan Lengah Disiplin Prokes

admin

Mencegah Penyakit Ginjal Saat Anda Menderita Diabetes

admin

Hindari Komplikasi dengan Manajemen Gula Darah

admin

Leave a Comment