PPAD
KesehatanSerba-serbiTips

Enam Jenis Makanan untuk Merawat Kesehatan Paru

PPAD Prosperity— Merawat kesehatan paru sangat lah penting. Bukan hanya dengan berhenti merokok serta rajin berolahraga tapi makanan pun ikut berpengaruh membuat paru-paru kita tetap sehat.

Dikutip dari alodokter, berikut ini adalah enam makanan yang membantu membersihkan paru-paru.

1. Buah-buahan

Berbagai macam buah-buahan, seperti apel, jeruk, bit, dan buah beri, bisa menjadi pilihan makanan pembersih paru-paru. Buah-buahan tersebut mengandung berbagai nutrisi penting, seperti nitrat, kalium, vitamin C, flavonoid, beta karoten, lutein, serta berbagai macam antosianin, yang baik untuk paru-paru.

Selain dapat membersihkan paru-paru, beragam nutrisi tersebut juga dipercaya dapat mengurangi tekanan darah, memaksimalkan penyerapan oksigen, menurunkan risiko terserang asma , serta menurunkan risiko terkena kanker paru-paru. 

2. Sayur-sayuran

Beragam sayuran, seperti paprika, kol merah, dan tomat, juga diduga bisa dijadikan sebagai makanan pembersih paru-paru. Sayuran tersebut mengandung vitamin C, likopen, antosianin, serat, dan magnesium yang dipercaya dapat membantu membersihkan paru-paru.

Berbagai nutrisi tersebut juga diduga dapat meningkatkan fungsi paru-paru, terutama jika Anda pernah atau memiliki kebiasaan merokok.

3. Kacang-kacangan

Kacang edamame, kacang brazil, kacang almond, dan kacang mete adalah pilihan kacang-kacangan yang bisa dijadikan sebagai makanan pembersih paru-paru.

Kacang-kacangan tersebut diketahui mengandung berbagai nutrisi penting untuk kesehatan paru-paru, seperti isoflavon, selenium, dan magnesium.

4. Kunyit

Salah satu rempah yang bisa dijadikan sebagai pilihan makanan pembersih paru-paru adalah kunyit. Kunyit diketahui mengandung senyawa kurkumin yang berperan sebagai antioksidan dan antiradang. Senyawa tersebut dipercaya dapat mendukung kesehatan paru-paru.

Penelitian bahkan menunjukkan adanya peningkatan fungsi paru-paru sebesar 9% pada perokok yang mengonsumsi kurkumin.

5. Susu dan produk olahannya

Susu dan produk olahannya, seperti yoghurt dan keju, mengandung kalsium, kalium, fosfor, dan selenium yang diketahui mampu membantu membersihkan paru-paru. Nutrisi-nutrisi tersebut juga dipercaya dapat menjaga kesehatan dan fungsi paru.

Tak hanya itu, kandungan nutrisi di dalam susu juga diduga dapat menurunkan risiko terserang penyakit paru obstruktif kronis. Oleh karena itu, susu dan produk olahannya bisa dijadikan pilihan makanan pembersih paru-paru.

6. Makanan laut

Beberapa makanan laut, seperti ikan teri dan tiram, mengandung zinc, selenium, kalsium, zat besi, tembaga, dan vitamin B. Selain membantu membersihkan paru-paru, berbagai nutrisi tersebut juga dapat mengurangi gejala asma dan menurunkan risiko terkena penyakit paru obstruktif kronis.

Namun, manfaat berbagai makanan di atas untuk membersihkan paru-paru masih membutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut.***alodokter/din

Related posts

15 Ide Bisnis dengan Modal Pas-pasan untuk Para Pensiunan

admin

Ini 50 Desa Wisata Terbaik Simbol Indonesia Bangkit

admin

Inovasi: Peneliti UNAIR Temukan Bahan Herbal Bantu Peternak Tingkatkan Kualitas Produk Unggas

admin

Inspirasi: Cerita Pemilik Cafe DAD’COBEAN Kembangkan Kopi Indonesia dan Berhasil Mengolah Limbahnya

admin

Program Penumbuhan UMKM Hortikultura

admin

Cara Mudah Dapatkan Tiket Now Playing Festival 2023 Bersama bank bjb

admin

Leave a Comment