PPAD
KesehatanSerba-serbiTips

Ini 7 Makanan yang Dapat Membantu Perbaiki Fungsi Ginjal

PPAD Prosperity— Tak hanya penggunaan obat-obatan dan penerapan pola hidup sehat, konsumsi makanan untuk memperbaiki fungsi ginjal juga penting bagi penderita gangguan ginjal. Bahkan, asupan yang tepat mampu mencegah risiko terjadinya komplikasi.

Fungsi utama ginjal adalah membuang limbah dari tubuh melalui urine. Selain itu, ginjal juga bertugas untuk menjaga keseimbangan mineral dan cairan dalam tubuh serta menghasilkan hormon yang mengatur tekanan darah.

Ketika kinerja ginjal menurun, limbah serta cairan dalam tubuh bisa menumpuk dan memicu kerusakan organ. Jika hal ini terjadi, penderitanya perlu menjalani pengobatan tertentu dan menjaga asupan makanan sehari-hari.

Dikutip dari alodokter, pilihan makanan untuk memperbaiki fungsi ginjal kerap dikombinasikan dengan makanan yang dapat menjaga kadar gula darah dan tekanan darah. Meski berbeda sesuai tingkat keparahannya, penderita penyakit ginjal umumnya perlu mengurangi asupan tinggi kalium, fosfor, natrium atau garam, maupun protein.

Guna memperbaiki fungsi ginjal, penderita harus fokus untuk mengurangi porsi makan dan menjaga pola makan terlebih dahulu. Sambil menjalaninya, penderita penyakit ginjal juga disarankan untuk mengurangi makanan tertentu yang dapat memperburuk fungsi ginjal.

Meski tidak ada makanan khusus yang dapat memperbaiki fungsi ginjal secara langsung, setidaknya ada beberapa pilihan makanan yang baik untuk penderita penyakit ginjal, di antaranya:

1. Ikan

Ikan termasuk pilihan makanan yang baik untuk memperbaiki fungsi ginjal, terutama jenis ikan yang kaya asam lemakomega-3  serta rendah natrium, kalium, dan fosfor. Contohnya adalah ikan salmon, ikan tuna, ikan kembung, atau ikan sarden.

Asam lemak omega-3 berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dan tekanan darah pada penderita penyakit ginjal. Meski begitu, ikan sebaiknya dikonsumsi maksimal 2–3 kali seminggu.

2. Dada ayam tanpa kulit

Dada ayam tanpa kulit dikenal sebagai salah satu asupan protein yang baik. Meski termasuk nutrisi yang perlu dibatasi oleh beberapa penderita penyakit ginjal, asupan protein yang cukup tetap penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Namun, hindari pengolahan daging ayam dengan cara digoreng atau dipanggang, sebab bisa meningkatkan kadar natrium dan fosfor dalam tubuh.

3. Putih telur

Pilihan makanan yang baik untuk memperbaiki fungsi ginjal selanjutnya adalah putih telur. Makanan ini mengandung sumber protein berkualitas tinggi dan rendah kandungan fosfor, sehingga aman dikonsumsi bagi penderita ginjal.

4. Buah-buahan tertentu

Ada beberapa pilihan buah yang tepat untuk penderita penyakit ginjal, di antaranya persik, nanas, apel, dan buah beri, termasuk bluberi, stroberi, dan rasberi.

Buah-buahan di atas baik untuk menjaga fungsi ginjal karena mengandung vitamin, serat, dan antioksidan. Kandungan tersebut juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol, menjaga tekanan darah, dan mempertahankan kadar gula darah tetap stabil karena memiliki indeks glikemik rendah. 

5. Sayuran tertentu

Selain buah, ada juga beberapa pilihan sayuran yang diketahui baik untuk memperbaiki fungsi ginjal karena rendah kalium, fosfor, dan natrium. Sayuran yang dimaksud meliputi lobak, kubis, kembang kol, dan mentimun.

6. Bawang

Seperti yang telah dijelaskan di atas, penderita penyakit ginjal sangat disarankan untuk membatasi asupan natrium atau garam. Nah, sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan bawang untuk menambah cita rasa pada makanan, misalnya bawang putih atau bawang ombay.

7. Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan sumber lemak sehat yang rendah kalium, natrium, dan bebas fosfor sehingga termasuk pilihan minyak yang tepat bagi penderita penyakit ginjal. Minyak ini juga cocok digunakan untuk memasak.

Selain mengonsumsi berbagai makanan untuk memperbaiki fungsi ginjal, penderita penyakit ginjal juga harus menjalani pengobatan yang dianjurkan oleh dokter dan menerapkan pola hidup sehat, seperti:

Berhenti merokok

Membatasi asupan garam kurang dari 1 sendok teh per hari

Berolahraga secara teratur

Membatasi asupan minuman beralkohol

Menjaga berat badan ideal

Jika Anda mengalami gangguan ginjal dan masih bingung menu makanan untuk memperbaiki fungsi ginjal, cobalah konsultasikan ke dokter yang merawat Anda. Bila perlu, tanyakan pula saran terkait diet yang sehat dan sesuai kondisi kesehatan Anda.***alodokter/din

Related posts

Mengalami Penglihatan Ganda? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

admin

Inovasi Pakan untuk Menggemukkan Ternak Ruminansia

admin

Citra Perusahaan Terus Meningkat, bank bjb Raih 2 Penghargaan di Corporate Reputation Awards 2022

admin

Terapkan Bisnis Secara Prudent, bank bjb Menjaga Momentum Pertumbuhan

admin

Prospek Potensial Olahan Tepung Gaplek dari Singkong

admin

Cerita Cerutu Asal Jember yang Diminati Pasar Eropa

admin

Leave a Comment