PPAD
Serba-serbiWirausaha

Ide Usaha: Mie dari Buah Sukun, Rasanya Enak dan Ekonomis

PPAD Prosperity— Siapa yang tidak kenal buah sukun. Kebanyakan orang Indonesia menyukai buah ini yang bisa diolah menjadi aneka makanan. Asal tahu saja, buah sukun juga bisa diolah menjadi mie.

Buah sukun sendiri sudah memiliki rasa yang enak. Maka bisa dibayangkan ketika buah ini diolah menjadi mie maka rasanya pun pasti enak. Yang penting lagi, buah sukun harganya murah. Nah bagi yang ingin membuka usaha, mengolah buah sukun bisa dijadikan salah satu pilihan, entah untuk membuat mie atau makanan lainnya,

Dikutip dari laman litbang pertanian, umumnya mie yang kita kenal terbuat dari tepung gandum atau tepung terigu dengan atau tanpa penambah bahan pangan lain. Namun saat ini sudah banyak inovasi olahan produk pangan mie.

Bahan dasar pembuatan mie tidak hanya dari tepung gandum atau tepung terigu tetapi juga bisa berasal dari berbagai macam tepung salah satunya adalah dari buah sukun.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jatim telah menghasilkan inovasi teknologi olahan pangan mie yaitu Komposisi Mie Sukun.

Keunggulan dari invensi ini adalah komposisi mie yang terbuat dari tepung sukun 10-30%, tepung terigu 40-60%, telur ayam 2,0-6,0%, garam 0,1-0,5%, soda kue 0,1-0,4% dan air 15-35%. Mie sukun menurut invensi ini merupakan salah satu pemecahan masalah untuk mengurangi penggunaan tepung impor dalam hal ini adalah tepung terigu. Penggunaan tepung sukun juga dapat meningkatkan pemanfaatan tepung local.

Tepung sukun dibuat dari buah sukun yang masih muda tapi sudah cukup tua, sehingga buah sukun lebih tahan disimpan dan merupakan bentuk keanekaragaman pemanfaatan dari buah sukun. Potensi buah sukun yang cukup melimpah di Indonesia. Invensi ini sudah didaftarkan HKI dan sudah mendapatkan perlindungan HKI dengan nomor paten IDP000041633 B. ***/din

Related posts

Penerbangan Panjang Berisiko Terjadinya Pembekuan Darah, Ini Cara Mencegahnya

admin

Cegah Heat Stroke pada Musim Haji: Jangan Tunggu Haus

admin

Dukung Dunia Pendidikan, bank bjb Kolaborasi dengan Universitas Indonesia

admin

Minggu Tenang atau Minggu Stres ?

admin

Jangan Salah! Rokok Elektrik Sama Berbahayanya dengan Rokok Tembakau

admin

Hidup Sehat hingga Usia 100 Tahun, Bagaimana Caranya?

admin

Leave a Comment