PPAD
Kesehatan

Gosok Gigi Saat Puasa, Ini Waktu Terbaik dan Tips Melakukannya

PPAD Prosperity— Gosok gigi saat puasa boleh dilakukan, asalkan dengan ketentuan tertentu. Nah, supaya gigi dan mulut senantiasa bersih dan sehat selama puasa, kamu perlu gosok gigi pada waktu yang tepat dan dengan cara yang baik.

Dikutip dari alodokter, salah satu kekhawatiran yang sering melanda saat berpuasa adalah boleh atau tidaknya gosok gigi. Soalnya, gosok gigi saat puasa berarti memasukkan benda ke dalam mulut sehingga berisiko membuat kita tidak sengaja menelan air. Hal ini dikhawatirkan bisa membatalkan puasa meskipun secara tak sengaja.

Meski begitu, ternyata gosok gigi saat puasa boleh dilakukan, lho. Namun, kamu perlu berhati-hati saat melakukannya agar air atau pasta gigi tidak sampai tertelan.

Waktu Terbaik Gosok Gigi Saat Puasa

Waktu terbaik untuk gosok gigi saat puasa justru bukan saat puasanya, lho, melainkan sebelum tidur dan menjelang imsak atau setelah sahur. 

Soalnya, dengan menggosok gigi sebelum tidur, kamu bisa membersihkan bakteri dan sisa makanan yang ada di mulut setelah berpuasa dan berbuka. Dengan begitu, bakteri tersebut tidak merusak enamel, yakni lapisan terluar gigi.  

Akan tetapi, bakteri di mulut akan mulai terbentuk lagi selama kamu tidur. Oleh sebab itu, kamu perlu gosok gigi lagi setelah bangun tidur untuk membersihkannya. Namun, karena akan berpuasa, lakukan sikat gigi setelah sahur agar tidak ada sisa makanan yang tertinggal di gigi dan menyebabkan bau mulut selama puasa, ya.

Lalu bagaimana dengan menyikat gigi selama jam puasa? Sebetulnya ini sah-sah saja, asalkan menggosok gigi dilakukan dengan hati-hati, agar air, pasta gigi, maupun bulu sikat tidak tertelan. Dengan demikian, puasa tidak akan batal.

Tips Gosok Gigi Saat Puasa agar Ibadah Tetap Lancar

Bau mulut kerap menjadi salah satu hal yang terjadi ketika berpuasa. Nah, agar ini tidak terjadi, kamu perlu membersihkan gigi dengan benar meskipun sedang puasa. Agar puasa tetap lancar dan tidak batal, yuk ikuti beberapa tips gosok gigi saat puasa berikut ini:

  • Gunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride, oleskan sedikit saja pada sikat gigi.
  • Sikat gigi dengan lembut selama sekitar 2 menit dan pastikan seluruh bagian gigi sudah bersih dalam waktu tersebut.
  • Hindari menggosok gigi sambil melakukan kegiatan lain agar kamu bisa fokus dan mencegah air atau busa pasta gigi tertelan.
  • Berkumur dengan air secukupnya sampai mulut dan gigi bersih, usahakan jangan sampai tertelan agar puasa tidak batal

Kalau kamu takut batal puasa karena gosok gigi, ada pilihan alternatifnya, kok. Kamu bisa menggosok gigi hanya dengan sikat gigi dan air bersih tanpa pasta gigi atau coba gunakan siwak.

Sekarang, kamu sudah tahu kapan waktu terbaik gosok gigi saat puasa dan cara sikat gigi yang benar agar mulut tidak bau saat puasa. Oleh karena itu, jangan sampai lupa menggosok gigi, ya. Dengan rutin menerapkan waktu dan tips gosok gigi saat puasa di atas, kebersihan mulutmu bisa terjaga dan kamu tidak perlu takut bau mulut selama berpuasa.

Sebaliknya, jarang gosok gigi bisa membuat gigi jadi berlubang. Bahkan, hal ini juga bisa meningkatkan risiko terkena penyakit, seperti infeksi gusi sampai penyakit jantung. Jadi, pastikan untuk rutin membersihkan gigi, ya. 

Agar kesehatan gigi dan mulut terus terjaga, kamu juga sebaiknya rutin memeriksakan gigimu ke dokter setiap 6 bulan sekali.***alodokter

Related posts

Pengaruh Apel pada Diabetes dan Kadar Gula Darah

admin

Jangan Abaikan! Ini Tanda-Tanda Anda Kemungkinan Kekurangan Vitamin D

admin

Ini Buah-buahan yang Dapat Tingkatkan Produksi Sel Darah Merah

admin

Penelitian: Berhenti Merokok Menambah 5 Tahun Hidup Sehat Tanpa Serangan Jantung dan Stroke

admin

Anda harus Tahu! Mandi Malam Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

admin

Harga Beras Melambung, Ahli Gizi UNAIR Sarankan Konsumsi Karbohidrat Alternatif

admin

Leave a Comment