PPAD
KesehatanSerba-serbi

Buah-buahan untuk Mengatasi Asam Lambung Naik, Cobalah!

PPAD Prosperity— Anda penderita maag, Gerd (gastroesophageal reflux disease)? Cobalah untuk tidak terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan untuk meredakan maag ataupun Gerd. Misalnya dengan mengkonsumsi buah-buahan yang bisa meredakan atau menetralisir asam lambung.

Beberapa di antaranya adalah apel, pisang, pepaya, semangka, alpukat, dll.

Dikutip dari alodokter, asam lambung naik dapat memicu sensasi terbakar di dada atau nyeri ulu hati, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman. Selain itu, keluhan lain seperti mulut terasa asam, mual, muntah, dan perut kembung, juga dapat muncul dan perlu diatasi agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk mengatasi asam lambung naik, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, salah satunya dengan mengonsumsi apel. Buah ini dipercaya bisa mengatasi asam lambung karena di dalamnya terdapat serat larut bernama pektin. Jenis serat ini bisa membuat Anda merasa cepat kenyang dan tidak makan secara berlebihan atau terlalu cepat.

Selain itu, apel juga mengandung kalsium, magnesium, dan kalium. Ketiga mineral ini dipercaya dapat menetralkan asam, sehingga bisa meredakan gejala asam lambung naik.

Guna mendapatkan manfaat apel untuk asam lambung, sebaiknya konsumsi apel merah karena memiliki cita rasa manis dan tidak asam. Pasalnya, konsumsi makanan asam justru bisa memperparah gejala Gerd.

Anda juga dianjurkan untuk mengubah kebiasaan makan. Caranya adalah dengan makan dengan porsi kecil tapi sering dan secara perlahan agar keluhan asam lambung naik tidak semakin memburuk.

Selanjutnya, hindari konsumsi makanan penyebab asam lambung naik seperti makanan berlemak, pedas, dan asam, atau makanan cepat saji sehingga gejala asam lambung naik bisa segera membaik.

Selain apel, ada sejumlah buah lainnya yang juga dapat meredakan atau menetralisir asam lambung, yakni:

1. Pisang, merupakan salah satu buah untuk asam lambung. Hal ini karena dalam pisang terdapat kalium yang berfungsi untuk menetralkan asam. Buah ini juga mengandung serat larut yang baik untuk meningkatkan kesehatan saluran cerna.

2. Alpukat, buah ini rendah asam dan memiliki tekstur yang lembut sehingga konsumsinya tidak mengiritasi kerongkongan dan lambung. Di dalam alpukat juga terdapat kalsium, kalium, dan magnesium yang diketahui dapat menetralkan asam lambung.

3. Semangka aman dikonsumsi penderita asam lambung karena rendah kandungan asam. Di dalam semangka justru terkandung banyak air, sehingga mampu menjaga kesehatan saluran cerna dan memperbaiki kondisi asam lambung naik.

4. Pepaya. Buah ini mengandung enzim papain. Enzim ini diyakini efektif meredakan gejala asam lambung naik yang dialami penderita penyakit Gerd.

Selain buah yang telah disebutkan di atas, buah lain yang bisa menurunkan asam lambung meliputi melon, persik, dan pir. Meski begitu, konsumsi buah-buahan ini tetap perlu dibatasi dan dan jangan dijadikan sebagai pengobatan utama untuk mengatasi penyakit asam lambung.

Jika mengonsumsi apel atau buah-buahan lainnya untuk asam lambung tidak juga membantu meredakan gejala dan keluhan asam lambung yang Anda alami, atau bahkan memperparah, sebaiknya pergilah ke dokter untuk memeriksakan diri.***alodokter/din

Related posts

Peningkatan Kasus Covid Naik 6 Kali Lipat, Masyarakat Jangan Lengah Disiplin Prokes

admin

Tubuh Mati Rasa, Berbahayakah? Ini Penjelasannya

admin

Webinar KUB, bank bjb Dukung Pengembangan Ekosistem BPD Indonesia

admin

bank bjb Dukung Penyelenggaraan Jabar International Marathon 2022

admin

bank bjb Raih Platinum Rank Asia Sustainability Reporting Rating 2023

admin

Doni Monardo: Orang Minang Pedagang, Bukan Penambang

admin

Leave a Comment