PPAD
Berita Mabes AD

Dikmata TNI AD 2024, Tempa Ribuan Putra Bangsa Jadi Prajurit Sejati

PPAD Prosperity— Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) secara resmi membuka Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AD Tahun 2024, di Dodiklatpur Rindam III/Siliwangi, Ciuyah, Banten, Sabtu (4/5/2024). Melalui Dikmata TNI AD 2024 ini, 4.521 putra bangsa akan digembleng hingga menjadi prajurit-prajurit sejati yang akan menjaga negeri ini.

Hal tersebut tersirat dari amanat tertulis yang dibacakan Wakasad, dimana didalamnya Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., menegaskan bahwa dinamika perkembangan lingkungan strategis global, regional, dan nasional, menuntut TNI AD untuk terus meningkatkan kesiapan operasional dalam menghadapi segala bentuk ancaman.

Berkenaan dengan hal itu, keterlibatan TNI AD dalam Operasi Militer Perang dan Operasi Militer Selain Perang telah menunjukkan pentingnya memiliki prajurit, yang tidak hanya tangguh dalam fisik dan mental, tetapi juga mampu mengoperasikan Alutsista modern, dan berpartisipasi dalam sistem pertahanan yang terintegrasi.

Lebih lanjut disampaikan, dalam menghadapi berbagai ancaman, termasuk gangguan keamanan dari kelompok-kelompok separatis yang mengancam kedaulatan NKRI, TNI AD harus senantiasa memperkuat postur kekuatannya. Disinilah pendidikan dan latihan yang berkesinambungan berperan penting mewujudkan hal tersebut. Yaitu untuk memastikan bahwa setiap prajurit TNI AD siap diterjunkan di medan (pertempuran) yang sesungguhnya.

“Pendidikan yang akan kalian jalani adalah bagian dari proses panjang pembentukan prajurit, yang tidak hanya terampil dan profesional, tetapi juga berjiwa Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI,” ujar Wakasad.

Kasad juga berpesan agar para siswa dapat menjalani pendidikan dengan penuh kesungguhan dan kedisiplinan.

“Berlatihlah dengan penuh rasa tanggung jawab, tunjukkan semangat bersaing yang sehat dan jujur. Terapkan nilai-nilai keprajuritan dalam setiap tindakan, serta pegang teguh integritas kependidikan,” ujar Wakasad yang meyakini bahwa jika para siswa mengikuti seluruh proses pendidikan dengan hati yang gembira dan ikhlas, niscaya semuanya akan terlewati dengan baik.

Upacara pembukaan Dikmata TNI AD tahun 2024 ini juga dilakukan secara serentak di Pusat Pendidikan Infanteri (Pusdikif) Secata Rindam III Slw, Dodiklatpur Rindam Jaya Jayakarta dan Dodiklatpur Rindam IV/Diponegoro. Penyelenggaraannya dibagi menjadi dua, Dikmata Reguler maupun Khusus. Adapun para siswa Dikmata TNI AD nantinya akan menjalani pendidikan pertama pembentukan selama 3,5 bulan, dan selanjutnya mengikuti pendidikan kecabangan selama 1,5 bulan. (Dispenad)

Related posts

Wakasad Jenguk Kru Helikopter Bell 412 EP di RS Dustira

admin

Dari Kampung Ivi Mahad, Merauke, TNI AD Dukung Ketahanan Pangan

admin

Jaring Bibit Atlet Berbakat, Pusdikbekang Gelar Taekwondo Championship 2024

admin

Konflik Rusia-Ukraina Menjadi Kajian Menarik Operasi Matra Darat

admin

TNI-AD – Kimia Farma, Salurkan Vaksin dan Sembako

admin

Kasad Tegaskan TNI AD harus Jadi Solusi Hadapi Ancaman Banglingstra

admin

Leave a Comment