PPAD
KesehatanSerba-serbiTips

Cara Mencegah Kolesterol Naik setelah Lebaran

PPAD Prosperity— Banyak hal menyenangkan saat merayakan Lebaran, salah satunya hidangan istimewa yang sungguh menggiurkan. Sebut saja opor ayam, redang, makanan-makanan serba santan, yang sepertinya menjadi hidangan wajib saat Lebaran.

Tidak masalah menyantapnya, asal jangan berlebihan. Bagi penderita tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, Anda wajib berhati-hati.

Dikutip dari alodokter, kolesterol tinggi termasuk dalam masalah kesehatan yang cukup sering terjadi setelah Lebaran. Pasalnya, saat Lebaran, konsumsi makanan penyebab kolesterol tinggi cenderung meningkat. Berikut ini tips dari alodokter cara mencegah kolesterol naik setelah Lebaran.

Untuk diketahui, kolesterol merupakan lemak yang diproduksi oleh hati. Bila kadar kolesterol dalam tubuh melebihi batas normal, kondisi ini bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai gangguan kesehatan yang serius, seperti serangan jantung, penyakit jantung koroner, dan stroke.

Berikut ini adalah beberapa yang bisa dilakukan untuk mencegah kolesterol naik setelah Lebaran:

1. Batasi konsumsi makanan berlemak

Hari Lebaran memang identik dengan berbagai hidangan yang tinggi lemak jenuh. Meski lezat, tetapi konsumsi makanan tinggi lemak secara berlebihan merupakan salah satu penyebab utama meningkatnya kadar kolesterol, lho.

Oleh karena itu, untuk mencegah kolesterol naik setelah Lebaran, sebaiknya batasilah konsumsi makanan berlemak, seperti makanan bersantan, makanan yang digoreng, dan makanan yang terbuat dari daging merah.

2. Konsumsi makanan tinggi serat larut

Untuk mencegah melonjaknya kadar kolesterol, cobalah selingi hidangan khas Lebaran dengan berbagai makanan tinggi serat larut. Ini karena makanan tinggi serat larut bermanfaat untuk memelihara bakteri baik pada usus (probiotik) yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Adapun beberapa makanan tinggi serat larut yang dapat kamu konsumsi saat Lebaran adalah buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan oatmeal.

3. Konsumsi makanan yang mengandung omega-3

Omega-3 merupakan lemak tak jenuh ganda yang umumnya banyak terdapat pada makanan lautseperti ikan salmon, ikan kembung, ikan tuna, kerang, dan udang.

Mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3 bisa menurunkan risikomu mengalami kolesterol tinggi setelah Lebaran, karena omega-3 mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Tidak hanya itu, omega-3 juga dapat mencegah terjadinya penyakit jantung.

4. Tetap berolahraga

Meski sedang merayakan Lebaran, sebaiknya kamu tetap menyempatkan diri untuk berolahraga. Pasalnya, olahraga tidak hanya bermanfaat untuk menjaga tubuhmu tetap bugar, tetapi juga bisa mengurangi kadar kolesterol jahat.

Penelitian menemukan bahwa melakukan 150 menit latihan aerobik intensitas sedang dalam seminggu cukup untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan begitu, risiko meningkatnya kadar kolesterol setelah Lebaran bisa dihindari.***alodokter

Related posts

Inspiratif, Babinsa Beri Pelatihan Mekanik Gratis untuk Anak Putus Sekolah

admin

Dari Istana ke Bukit Asam

admin

Survei Denny JA: Satu dari Empat Orang Indonesia tidak Memiliki HP

admin

Dukung Percepatan Bisnis, Gedung Kantor bank bjb di T Tower Diresmikan

admin

Sambut Hari Raya Iduladha dengan DIGI Qurban Festival, Ada Diskon Pembelian Hewan Qurban

admin

Buku Tentang Kisah “Jaguar” Pengawal Jokowi

admin

Leave a Comment