PPAD
KesehatanTips

Warning! 10 Tanda Kemungkinan Ginjal Anda Bermasalah

PPAD Prosperity— Jumlah penderita penyakit ginjal di Indonesia terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Menurut Kementerian Kesehatan, penyakit ginjal menjadi penyebab kematian terbanyak ke-10 di Indonesia dengan jumlah kasus 42 ribu per tahun.

Ginjal adalah sepasang organ berbentuk seperti kacang yang berada di area punggung bagian bawah. Saat ginjal mengalami gangguan, beragam komplikasi mulai dari penumpukan limbah dan racun, anemia, serta gangguan elektrolit, bisa terjadi. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan ginjal dan melakukan pencegahan penyakit ginjal sejak dini.

Dikutip dari WebMD, berikut ini 10 tanda kemungkinan ginjal Anda bermasalah.

1.Sering Selalu Lelah

Ginjal menyaring limbah dari darah Anda dan keluar melalui urine Anda. Ketika ginjal tidak bekerja dengan benar, racun dapat menumpuk. Salah satu petunjuk umum adalah Anda sering merasa lelah, lemah, sulit berkonsentrasi, tanpa sebab yang jelas.

Untuk diketahui, ginjal membuat hormon memberi tahu tubuh untuk membuat sel darah merah. Jika sel darah merah kurang, darah tidak dapat memberikan oksigen yang dibutuhkan otot dan otak Anda.

2.Tidur yang Buruk

Studi menunjukkan kemungkinan hubungan antara sleep apnea (gangguan tidur) dan penyakit ginjal kronis (CKD), yang seiring waktu merusak organ Anda dan dapat menyebabkan gagal ginjal. Sleep apnea dapat melukai ginjal Anda juga mencegah tubuh Anda mendapatkan cukup oksigen. CKD pada gilirannya dapat menyebabkan sleep apnea dengan mempersempit tenggorokan Anda, penumpukan racun.

3.Kulit yang Gatal

Sering mengalami gatal di sekujur tubuh bisa jadi pertanda ginjal Anda bermasalah. Hal ini karena ginjal tidak dapat membuang racun sehingga menumpuk di darah. Itu bisa menyebabkan ruam atau membuat Anda gatal di sekujur tubuh. Seiring waktu, ginjal Anda mungkin tidak dapat menyeimbangkan mineral dan nutrisi dalam tubuh Anda. Hal ini dapat menyebabkan penyakit mineral dan tulang, yang dapat membuat kulit Anda kering dan gatal.

4.Bengkak

Ketika ginjal Anda tidak dapat membuang natrium dengan baik, cairan menumpuk di tubuh Anda. Itu bisa menyebabkan bengkak pada wajah, tangan, kaki, atau paling sering pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki.

Bisa juga terjadi pembengkakan di sekitar mata Anda. Ini kemungkinan terjadi karena penyaringan ginjal Anda bermasalah sehingga terjadi kebocoran di mana protein bocor ke dalam urine.

5.Kram Otot

Kram di kaki Anda dan di tempat lain bisa menjadi tanda fungsi ginjal yang buruk. Ketidakseimbangan kadar natrium, kalsium, kalium, atau elektrolit lain dapat mengganggu cara kerja otot dan saraf Anda.

6.Sesak Napas

Ketika Anda memiliki penyakit ginjal, organ Anda tidak menghasilkan cukup hormon yang disebut eritropoietin. Hormon memberi sinyal pada tubuh Anda untuk membuat sel darah merah. Tanpa itu, Anda bisa mendapatkan anemia dan merasa sesak napas. Penyebab lainnya adalah penumpukan cairan. Anda mungkin kesulitan mengatur napas. Dalam kasus yang serius, berbaring dapat membuat Anda merasa seperti sedang tenggelam.

7.Kepala Berkabut

Ketika ginjal Anda tidak menyaring semua limbah dari tubuh Anda, racun dapat mempengaruhi otak Anda. Anemia juga dapat menghalangi otak Anda dari oksigen yang dibutuhkan. Anda mungkin merasa pusing dan mengalami masalah dengan konsentrasi dan memori. Anda bahkan mungkin menjadi sangat bingung sehingga mengalami masalah dengan tugas-tugas sederhana.

8.Kurang Nafsu Makan

Penyakit ginjal dapat menyebabkan mual atau muntah dan sakit perut juga membuat Anda kehilangan nafsu makan. Itu terkadang dapat menyebabkan penurunan berat badan.

9.Nafas Bau tak Sedap

Ketika ginjal Anda tidak dapat menyaring limbah, itu dapat menyebabkan kondisi yang disebut uremia. Itu bisa membuat mulut Anda bau. Juga, racun dalam aliran darah membuat makanan terasa tidak enak.

10.Urine Berbusa, Coklat, atau Berdarah

Kencing berbuih bisa menjadi tanda terlalu banyak protein yang disebut albumin. Itu bisa diakibatkan oleh masalah ginjal. Begitu juga urin berwarna kecoklatan atau sangat pucat. Fungsi ginjal yang salah juga dapat menyebabkan darah bocor ke kandung kemih Anda. Darah dalam urin Anda juga bisa disebabkan oleh batu ginjal, tumor, atau infeksi.***din

Related posts

Peningkatan Kasus Covid Naik 6 Kali Lipat, Masyarakat Jangan Lengah Disiplin Prokes

admin

Inovasi: Balitbangtan Kembangkan Gula Cair dari Singkong

admin

Tujuh Menu Buka Puasa Penderita Diabetes yang Aman untuk Dikonsumsi

admin

Cegah Heat Stroke pada Musim Haji: Jangan Tunggu Haus

admin

Tanam Mangrove: Mitigasi Bahaya Tsunami Kawasan Pacitan dengan Vegetasi

admin

Tips Menghadapi Cuaca Panas tak Biasa

admin

Leave a Comment