PPAD
KesehatanSerba-serbi

Warna Lidah Menunjukkan Kesehatan Anda, Ayo Cek Sekarang!

PPAD Prosperity— Warna lidah normal umumnya adalah merah muda dengan sedikit lapisan berwarna putih. Ini adalah warna lidah yang bisa menunjukkan bahwa kondisimu fit dan sehat. Jika warna lidah normal berubah, terutama jika disertai gejala tertentu, hal ini mungkin saja bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan.

Lidah merupakan bagian tubuh yang kita gunakan untuk merasakan makanan maupun berbicara. Lidah juga bisa memberikan tanda yang menunjukkan apakah kita sehat atau tidak. Salah satu tanda ini bisa dilihat melalui warna lidah.

Dilansir alodokter, warna lidah normal merupakan salah satu tanda bahwa tubuh kamu sehat. Di sisi lain, lidah yang warnanya berbeda dari biasanya mungkin saja menandakan adanya penyakit tertentu, misalnya infeksi jamur.

Berbagai Warna Lidah Normal 

Warna lidah normal memang bisa menunjukkan kondisi tubuh yang sehat. Selain warna, lidah juga punya tekstur dan ciri-ciri lain yang juga normal. Nah, secara umum, inilah warna dan kondisi lidah normal yang wajar kamu lihat:

1. Warna merah muda

Pada lidah, terdapat banyak jaringan otot dan pembuluh darah. Hal ini memberikan warna merah muda atau pink pada lidah. Jadi, inilah warna lidah normal yang seharusnya terlihat. 

2. Lapisan putih

Lapisan tipis berwarna putih yang sering kali terlihat di permukaan lidah adalah hal yang normal, lho. Meski membuat lidah terlihat tidak “bersih”, lapisan ini merupakan protein yang justru bermanfaat, khususnya dalam melindungi lidah agar tidak tergores saat kita mengonsumsi makanan bertekstur keras.

Namun, perlu dicatat bahwa lapisan putih ini normalnya tidak terlalu tebal, ya. Kalau tebal, kondisi ini justru bisa menandakan adanya jamur di lidah.

3. Bercak kehitaman

Bercak hitam atau cokelat pada lidah umumnya muncul karena konsumsi makanan tertentu seperti kopi, cokelat, atau karena merokok. Di samping itu, hal ini juga bisa terjadi karena papila tumbuh terlalu panjang dan menjadi tempat menumpuknya bakteri serta sisa makanan.

Papila adalah benjolan mini pada permukaan lidah bagian atas yang berfungsi untuk menahan makanan saat kita mengunyah. Selain itu, benjolan ini juga berfungsi sebagai indra perasa yang membuatmu bisa mengecap rasa makanan dan minuman. 

Selain penyebab di atas, bercak kehitaman juga bisa saja muncul pada lidah normal tanpa disertai rasa nyeri, gatal, dan tidak meluas. Hal ini umumnya normal dan tidak berbahaya, ya. Yang penting, kamu tetap rutin sikat gigi dan membersihkan lidah.

Perubahan Warna Lidah Normal dan Penyebabnya

Seperti yang dijelaskan di atas, warna lidah normal bisa saja berubah. Hal ini bisa menandakan berbagai hal, mulai dari kurangnya kebersihan mulut sampai kondisi kesehatan tertentu.

Nah, berikut beberapa perubahan warna lidah normal dan penyebabnya yang perlu kamu waspadai:

1. Putih

Lapisan tipis berwarna putih pada lidah memang normal. Namun, jika munculnya bercak putih di lidah juga juga meluas ke bagian mulut yang lain, hal ini bisa menandakan adanya kondisi medis tertentu, seperti infeksi jamur, diabetes, atau bahkan kanker mulut.

2. Merah

Warna lidah bisa berubah menjadi merah saat kekurangan vitamin B kompleks. Selain itu, warna lidah ini juga bisa muncul karena kondisi medis atau penyakit tertentu, seperti demam scarlet, eksim, atau penyakit Kawasaki.

3. Kuning

Biasanya, warna lidah ini disebabkan oleh keseringan merokok, tidak membersihkan mulut dengan baik, atau mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kunyit. Tidak cuma itu, warna lidah ini juga bisa muncul karena penyakit kuning.

4. Hijau

Warna hijau pada lidah umumnya terjadi karena mulut kurang bersih. Warna lidah yang satu ini juga bisa muncul pada perokok atau akibat efek samping obat-obatan tertentu.

5. Biru

Warna lidah biru bisa menandakan kurangnya oksigen dalam darah. Warna lidah ini bisa dialami oleh orang yang punya masalah paru-paru atau penyakit ginjal.

Kini, kamu sudah tahu berbagai warna lidah normal yang menandakan dirimu sehat. Nah, untuk menjaga kondisi lidah tetap sehat, kamu perlu menerapkan gaya hidup bersih. Salah satunya, yakni dengan rutin sikat gigi minimal 2 kali sehari. Setelah sikat gigi, jangan lupa untuk membersihkan lidah dengan mengusapnya menggunakan sikat gigi atau pembersih lidah, ya.

Selain itu, hindari juga merokok dan ngopi terlalu sering. Justru, perbanyaklah konsumsi makanan bergizi, termasuk sayur, buah, daging, kacang-kacangan dan biji-bijian. Selain itu, jangan lupa juga untuk minum air yang cukup untuk mencegah mulut kering dan lidah jadi mudah sakit.

Jika kamu mengalami perubahan warna lidah normal yang disertai sariawan atau luka di lidah, sulit bicara, susah menelan, dan benjolan di lidah yang tidak sembuh-sembuh selama lebih dari 2 minggu, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter, ya.***alodokter

Related posts

Penelitian: Buah Mangga Indonesia Aman dari Lalat Buah dan Siap Ekpor

admin

Pemerintah Umumkan Holding Industri Pertambangan, MIND ID Sebagai Penerima Proper Emas Tahun 2022

admin

Gejala Jantung Bengkak yang Perlu Anda Ketahui

admin

60 Tahun Doni Monardo

admin

Bahaya Kelebihan Vitamin, Sebaiknya Anda Tahu!

admin

Pertanian Lahan Gambut Prospek Dikembangkan

admin

Leave a Comment