PPAD
Berita TerkiniProgram PPAD

Tim Wasev Laporkan Program Renovasi Rumah Purnawirawan Bantuan Kasad

PPAD-PROSPERITY – Tiga tim pengawas dan evaluasi (Wasev) Pengurus Pusat Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PP PPAD) turun lapangan. Mereka adalah tim Wasev renovasi rumah purnawirawan TNI AD bantuan Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Dilaporkan pelaksanaan Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) renovasi rumah purnawirawan TNI-AD bantuan Kasad tahap I dikerjakan sebanyak 50 rumah yang tersebar di 10 Kodam yang berada di 24 Kodim dimulai pada tatnggal 18 Maret 2024 selama 18 hari sebagai berikut.

Tiga Tim Wasev PPAD turun di tiga wilayah Indonesia. Tim Wilayah Barat terdiri atas Mayjen TNI Purn Johny Lumban Tobing dan Kolonel Inf Purn Togap F. Gultom. Tim Wilayah Tengah terdiri atas Mayjen TNI Purn Sunaryo dan Brigjen TNI Purn Syahyudi. Sedangkan Tim Wilayah Timur terdiri atas Mayjen TNI Purn Eko Budi Supriyanto dan Brigjen TNI Purn Bambang Irianto.

Serma Purn Rahman Sitompul (tengah) di Kodim 0210/Taput. (foto: PPAD)
Sertu Purn Usdek Sitompul di Kodim 0210/Taput. (foto: PPAD)
Regia Sinaga (veteran) di Kodim 0210/Taput, menerima kunjungan Tim Wasev, Mayjen TNI Purn Johny L. Tobing. (foto: PPAD)

Pelaksanaan Wasev tanggal 26 – 27 Maret 2024, di 4 (empat) wilayah Kodim sebagai sample, dari 24 Kodim yang berada di wilayah 10 Kodam. Wilayah Barat di teritori Kodim 0210/Tapanuli Utara, dua wilayah tengah masing-masing di teritori Kodim 0735/Surakarta dan Kodim 0729/Bantul, serta Wilayah Timur di teritori Kodim 1425/Jeneponto.

Objek pekerjaan renovasi rumah purnawirawan TNI AD bantuan Kasad tahap I tahun 2024 sebanyak 50 unit rumah sebagai berikut, terbagi di tiga wilayah. Wilayah Barat Indonesia (Kodim 0210/Tapanuli Utara, Kodam I/Bukit Barisan) terdiri atas tiga rumah (sebagai sample Wasev). Masing-masing rumah Serma Purn Rahman Sitompul, Sertu Purn Usdek Sitompul, dan Regia Sinaga (janda purnawirawan yang juga sebagai veteran Kemerdekaan RI).

Sedangkan di Wilayah Tengah Indonesia (Kodim 0735/Surakarta dan Kodim 0729/Bantul, Kodam IV/Diponegoro), tim Wasev juga meninjau empat rumah sebagai sample. Masing-masing rumah Pelda Purn Sumbul, Kapten Purn Sardjijo, Pelda Purn Susnoto, dan Serda Purn Buang Gunawan.

Pelda Purn Susnoto (duduk) di Kodim 0279/Bantul. (Foto: PPAD)
Serda Purn Buang Gunawan di Kodim 0279/Bantul. (foto: PPAD)
Pelda Purn Sumbul di Kodim 0735/Surakarta. (foto: PPAD)
Kapten Purn Sardjijo di Kodim 0735/Surakarta. (foto: PPAD)

Terakhir, di Wilayah Timur Indonesia (Kodim 1425/Jeneponto, Kodam XIV/Hasanuddin), tiga rumah sampel yang ditinjau masing-masing rumah Sertu Purn Libu, Koptu Purn Habibudin, dan Koptu Purn Paukur.

Adapun pekerjaan renovasi rumah di Wilayah Kodim/Kodam lain yang tidak dilakukan Wasev oleh Tim PP PPAD sebanyak 40 rumah, dilaksankaan oleh Pengurus Daerah PPAD setempat.

Tim Wasev Wilayah Timur, Mayjen TNI Purn Eko Budi S dan Brigjen TNI Purn Bambang Irianto di tiga lokasi rumah ‘sample’ yang mendapat bantuan renovasi dari Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. (foto-foto: PPAD)

Terima Kasih dan Bersyukur

Dari hasil Wasev dilaporkan, pekerjaan konstruksi renovasi rumah purnawirawan TNI-AD berjalan baik sesuai tahapan pelaksanaan. Hal itu berkat dukungan/partisipasi aparat pemerintah, Polri, dan masyarakat setempat.

Dilaporkan juga, bahwa program ini merupakan salah satu bentuk kepedulian/perhatian pimpinan TNI-AD kepada para Purnawirawan TNI AD yang sudah tidak punya kemampuan untuk membangun/merehab tempat tinggal/rumahnya sendiri. Program ini juga dapat lebih membangun hubungan komunikasi dan kerja sama antara anggota PPAD (Pusat sampai daerah) dengan prajurit TNI AD (Pusat sampai daerah) dan masyarakat setempat secara efektif.

Dari hasil testimoni para purnawirawan yang rumahnya dijadikan sasaran renovasi mereka berterima kasih dan bersyukur, karena mereka sudah dapat tinggal di rumah yang layak huni. Selanjutnya para purnawirawan berharap semoga program ini dapat terus berlanjut.

Laporan tim Wasev juga dilengkapi foto-foto sebelum dan selama proses renovasi, disertai video-video testimoni.

Demikian Laporan pelaksanaan Wasev renovasi rumah purnawirawan TNI-AD bantuan Kasad tahap I, ditujukan kepada Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. Laporan ditandatangani Sekjen PPAD Mayjen TNI Purn Komaruddin Simanjuntak. Laporan juga ditembuskan kepada Aslog dan Aster Kasad, Ketua Badan Pertimbangan Pusat PPAD, Waketum I, II PPAD, Kabawas PPAD, para Kabid PPAD. (*)

Related posts

Peluang Bisnis Menggiurkan Budidaya Anggur Laut

admin

Sejarah PPAD

adminppad

Letjen (Purn) Terawan: Achmad Yurianto adalah Prajurit TNI yang Gigih dan Pantas Diteladani

admin

Sejarah 82 tahun berhasil Diungkap Satgas Yonif 122/TS Ditemukan Bangkai Pesawat di Hutan Keramat RI-PNG

admin

Musda PPAD DKI Jakarta: LaNyalla Bicara Pembenahan Konstitusi Negara

admin

Kisah Jenderal Nyemplung ke Kolam Udang

admin

Leave a Comment