PPAD
Serba-serbiWirausaha

Petani Kreatif Hasilkan 1.269 Buah Tomat Dalam Satu Batang

PPAD Prosperity—- Umumnya satu tanaman tomat cherry menghasilkan sekitar 40 buah atau ¼ kg. Namun  jika mampu melakukan perawatan dengan baik satu batang tomat cherry bisa menghasilkan ratusan buah, bahkan bisa mencapai 2-4 kg per batang atau sekitar 320-640 buah per batang.

Luar biasa bukan?!

Nah, kabar terbaru lebih hebat lagi. Seorang petani Inggris berhasil melipatgandakan produksi tanaman tomat cherry nya. Satu batang tomat cherry menghasilkan  1.269 buah tomat. Wow!

Nama petani kreatif ini adalah Douglas Smith asal Inggris. Baru-baru ini ia mendapat penghargaan dari Guinness World Record atas kemampuannya membuat satu batang tomat yang ditanamnya menghasilkan 1.269 buah. Jumlah tomat terbanyak di dunia dalam satu batang.

Rekor baru itu menumbangkan rekor sebelumnya yang juga dibuat oleh Douglas Smith sebulan sebelumnya yakni 839 buah tomat dalam satu batang pada 9 Maret 2022.

Di kalangan dunia pertanian, di Inggris khususnya, dia dikenal sebagai petani muda yang kreatif. Dia rajin membuat eksperimen kecil-kecilan pada tanamannya. Tahun 2020 lalu, dia menghasilkan tanaman bunga matahari setinggi 20 kaki atau sekitar 6 meter.

Douglas Smith, petani kreatif asal Inggris/sumber foto: guinnessworldrecord.com

Saat ini lelaki usia 43 tahun ini tengah bereksperimen dengan kacang polong, terong dan kentang. Namun dia menolak menjelaskan tentang apa yang akan dibuatnya dengan tanaman-tanaman tersebut. Alasannya, khawatir dicontek petani lain.

Menghasilkan pohon tomat cherry yang produktif, bukan hal yang mudah. Bukan sekadar menanam dan memberi pupuk. Namun dia melakukan penelitian kecil-kecil terhadap tanaman tersebut, termasuk tanah yang digunakan.

Dia melakukan penelitian ilmiah, membuka berbagai literatur guna menyempurnakan teknik menanam tomat cherry. “Anda harus memastikan lingkungan diatur dengan baik,” kata Douglas yang juga mengirim sampel tanah ke laboratorium untuk memastikan tanah yang digunakan adalah tanah yang tepat.

“Saya menghabiskan tiga atau empat jam seminggu merawat tomat di rumah kaca berukuran 8×8 kaki di kebun belakang saya,” ungkapnya.

Di rumah kaca itu, dia menanam sejumlah tanaman tomat cherry dari beberapa varietas. Ini sekaligus untuk mengetahui varietas mana yang menghasilkan buah paling banyak. Awalnya bulan lalu, Maret, tomatnya menghasilkan 839 buah dalam satu batang.

Jumlah itu sekaligus memecahkan rekor dunia tomat cherry terbanyak dalam satu batang versi Guiness World Record. Rekor lama adalah 488 buah dalam satu batang dan itu adalah rekor yang diciptakan 12 tahun lalu oleh pria asal Shropshire.

“Pohon tomat pertama menghasilkan 839 buah. Ternyata kemudian pohon kedua memiliki jumlah buah lebih banyak mencapai 1.269 buah,” ujar Douglas yang juga menghasilkan buah labu seberat 283 kg lebih.***dari berbagai sumber/din

Related posts

bank bjb Memaknai HUT ke-78 RI dengan Berbagai Kegiatan Positif

admin

Tips Membuat Pupuk Bio Urine Sapi

admin

Tips Budidaya Kapulaga dari Balittro

admin

Peluang Sapi Bali Jadi Daging Premium

admin

Tips Berpuasa Aman bagi Penderita Diabetes

admin

bank bjb Hadirkan Konser “Pesta Rakyat 30 Years Career Dewa 19’” di Bandung  

admin

Leave a Comment