PPAD
Serba-serbiWirausaha

Kenalkan! Varietas Unggulan Nasional Kelapa Kopyor Cungap Merah

PPAD Prosperity— Kementerian Pertanian melepas varietas unggul lokal Kelapa Cungap Merah (KCM) Purbalingga serta telah mempersiapkan calon kebun induk yang akan dijadikan kebun sumber benih sehingga kedepannya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Penelitian terhadap kelapa cungkap merah telah dilakukan sejak 2009. Cukup lama. Hasilnya, kelapa yang juga berkasiat obat ini, telah memenuhi syarat sebagai varietas unggul nasional sebagai salah satu tanaman dengan produksi terbaik. Salah satu keunikan dari kelapa ini adalah rasanya yang khas dan ciri warna mayang merah keunguan.

Dikutip dari ditjenbun.pertanian.go.id, total produksi buah Kelapa Cungap Merah per pohon per tahun lebih tinggi dibandingkan dengan varietas kelapa pembandingnya yaitu kelapa Kopyor Genjah Hijau Pati (GHP) maupun Kopyor Genjah Coklat Pati (GCP). Potensi produksi buah kelapa KCM dapat mencapai sekitar 170,42 butir/pohon/tahun.

Foto: ditjenbun.pertanian.go.id

Kelapa KCM juga memiliki keunggulan berupa buah dengan isi daging buah sedang sampai dengan banyak atau bahkan tanpa air mencapai 90-92%. Tingkat kemanisan air dan daging buah juga relatif tinggi (5,14 gr gula total/100 ml air dan 5,48 gr gula total/100 gr daging buah).

Hasil uji kandungan asam lemak pada air kelapa dan daging buah kelapa KCM dengan menggunakan alat gas chromatography-mass spectrometry (GC-MS) menunjukkan bahwa air kelapa dan daging buah kopyor KCM mengandung asam laurat dengan kadar tinggi (34,00 % dan 29,74 %), jauh lebih tinggi dari air kelapa normal (2,85 %).

Kelapa KCM juga memiliki ciri khas yang tidak dimiliki varietas lain berupa kecambah yang berwarna merah, ujung akar yang berwarna merah, bunga betina ketika mancung pecah berwarna merah keunguan, serta ketika kulit buah muda pada bagian cungap dikupas juga berwarna.***

Related posts

RESENSI BUKU: ‘Jaguar Mengawal Arjuna’

admin

Meriahkan Ramadhan, bank bjb Sukses Gelar DIGI Ramadhan 1444H “Bisa Jadi Berkah 3.0”

admin

Atasi Masalah Pupuk, Prajurit Yonif Raider Khusus 732/Banau Bikin Kompos Bokashi

admin

Microsleep, Tidur Singkat yang Membahayakan Keselamatan

admin

bank bjb Hadirkan Promo Menarik di Konser Now Playing Festival Iconic Momento 2023

admin

Enam Suplemen yang Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

admin

Leave a Comment