PPAD
Berita Terkini

KBI dan Bappebti Dorong Ketahanan Pangan Lewat Sistem Resi Gudang

PPAD-PROSPERITY – Inilah salah satu peran penting PT Kliring Berjangka Indonesia (PT KBI) yang jarang diketahui masyarakat. Peran dimaksud adalah menjaga dan mendorong ketahanan pangan nasional. 

“Salah satu kegiatannya adalah meninjau gudang Sistem Resi Gudang atau SRG aktif seperti yang hari ini kami lakukan,” ujar Saidu Solihin, Direktur Pengembangan Bisnis dan Operasional PT KBI di Cianjur, Jawa Barat, Kamis (21/3/2024).

Dalam peninjauan tersebut, PT KBI mengajak serta Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Pejabat Bappebti yang menyertai peninjauan Saidu Solihin adalah Heryono Hadi Prasetyo. Ia adalah Kepala Biro Pembinaan dan Pengawasan SRG dan Pasar Lelang Komoditi (PLK).

Peninjauan SRG Cianjur, menurut Solihin dimaksudkan untuk mengecek secara berkala, guna menjaga produktivitas gudang. “Dalam kesempatan baik ini, pengelola gudang dapat berkonsultasi langsung mengenai manajemen kualitas dan kuantitas komoditas yang disimpan dalam gudang SRG,” tambahnya.

Salah satu gudang SRG yang menjadi fokus peninjauan adalah sebuah gudang yang dikelola oleh Judi Adi Nugroho, Ketua Koperasi Niaga Mukti, Cianjur. Pengelolaan yang baik dari gudang SRG ini diharapkan dapat mendukung program Ketahanan Pangan Nasional Indonesia, terutama dalam hal komoditas Gabah dan Beras.

“Kami terus mendorong agar para pengelola gudang memanfaatkan gudang SRG di Kabupaten Cianjur sebaik mungkin. Harapannya, kesejahteraan petani meningkat, serta gudang SRG berkontribusi maksimal dalam penguatan ketahanan pangan, stabilisasi harga, dan penguatan ekspor,” ujar Saidu Solihin.

Mengingat begitu penting peran gudang SRG maka PT KBI bersama Bappebti menjadikan peninjauan ini sebagai sarana sosialisasi pengembangan dan implementasi di berbagai lokasi Gudang SRG di seluruh Indonesia.

“Peningkatan kualitas dan pengelolaan gudang sistem resi menjadi prioritas kami. Dengan kolaborasi antara PT KBI dan pengelola gudang, kami yakin dapat mencapai tujuan bersama dalam memajukan sektor komoditas di Indonesia,” ungkap Heryono Hadi Prasetyo, pengelola salah satu gudang SRG Cianjur.

Berdasar catatan, selama tahun 2023, pemanfaatan Resi Gudang mencapai 483 Resi Gudang yang diregistrasi dengan volume 61,5 ribu ton senilai Rp 971.9 miliar serta pembiayaan sebesar Rp 626.7 miliar. Sebuah angka pencapaian yang meningkat dibanding tahun 2022.

Sekilas PT KBI

PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) merupakan anggota Holding Danareksa yang bergerak di bidang usaha Kliring Penjaminan dan Penyelesaian Transaksi Perdagangan Berjangka Komoditi, sekaligus sebagai Pusat Registrasi Sistem Resi Gudang, Penjaminan dan Penyelesaian Transaksi Pasar Lelang Komoditi.

Empat layanan yang diberikan oleh PT KBI adalah Sistem Kliring Derivatif (SKD) yang berfungsi mendukung Perdagangan Berjangka Komoditi, Sistem Informasi Transaksi Nasabah (SITNa) untuk memberikan informasi bagi nasabah mengenai transaksi berjangka, IS-Ware Next Gen yang berfungsi dalam mendukung Sistem Resi Gudang, dan Tin Market untuk meningkatkan layanan transaksi timah murni batangan. (*)

Related posts

Silatnas PPAD Kental UMKM

admin

Menhan: PPAD Perlu Pengembangan Orientasi Organisasi

admin

Kasad Apresiasi Program Pengembangan Entrepreneurship PPAD

admin

Dengan Udang, Mencetak Kampung-kampung “Petro Dollar”

admin

Pakar Peternakan: Jangan Takut Bisnis Peternakan, Ini Menguntungkan

admin

Cerita Mata Air dan Air Mata Pohon di Jumat Berkah

admin

Leave a Comment