PPAD
KesehatanSerba-serbiTips

Ini Dia 10 Jus Penurun Gula Darah yang Aman dan Efektif

PPAD Prosperity — Jus penurun gula darah bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil, terlebih pada penderita diabetes. Minuman ini umumnya terbuat dari sayuran hingga buah-buahan yang memiliki angka indeks glikemik rendah guna mencegah terjadinya lonjakan kadar gula darah.

Hiperglikemia merupakan kondisi kadar gula darah yang melebihi batas normal atau di atas 200 mg/dL. Kondisi ini dapat dialami oleh siapa saja, terutama pada penderita diabetes atau obesitas. Ada beberapa faktor yang menyebabkan peningkatan kadar gula darah, mulai dari genetik hingga pola hidup yang tidak sehat.

Kondisi ini tidak bisa dibiarkan begitu saja karena dapat menyebabkan kerusakan pada saraf, pembuluh darah, sampai organ tertentu. Namun, mengonsumsi jus penurun gula darah secara rutin bisa menjadi cara alami untuk mengontrol atau menurunkan kadar gula darah pada tubuh. 

Ragam Pilihan Jus Penurun Gula Darah

Dilansir alodokter, beberapa jus penurun gula darah biasanya mengandung banyak nutrisi, seperti serat dan antioksidan tertentu. Agar manfaat yang diperoleh lebih maksimal, sebaiknya hindari penggunaan gula atau pemanis tambahan dalam pembuatan jus.

Berikut ini adalah berbagai pilihan jus penurun gula darah yang bisa Anda buat sendiri di rumah:

1. Jus apel

Buah apel bisa dikonsumsi secara langsung maupun diolah menjadi jus penurun gula darah. Pasalnya, buah ini memiliki angka indeks glikemik yang rendah, sehingga kadar gula darah terkontrol dan diabetes bisa dicegah.

Buah apel mengandung tinggi serat yang membuat penyerapan gula ke dalam aliran darah melambat, sehingga kadar gula pada penderita diabetes tidak melonjak drastis. Selain itu, kandungan polifenol yang ada pada apel juga mampu memperlambat pencernaan karbohidrat sehingga kadar gula darah menjadi turun.

2. Jus tomat

Jus tomat juga mampu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Hal ini karena buah tomat mengandung serat yang tinggi sehingga memperlambat proses pencernaan. Dengan begitu, lonjakan kadar gula darah di tubuh tidak terjadi. 

Selain itu, kandungan likopen di dalam jus tomat bersifat antioksidan yang mampu mengatasi peningkatan kadar gula darah dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

3. Jus buah bit

Bit merupakan salah satu buah yang bisa menjadi alternatif minuman jus penurun gula darah. Pasalnya, buah merah satu ini mengandung berbagai nutrisi yang bagus untuk kesehatan, seperti antioksidan, folat, dan potassium. Bahkan, kandungan nitrat di dalamnya mampu meningkatkan aliran darah ke jantung.

Selain itu, kandungan bahan alami di dalam buah bit efektif untuk menurunkan kadar gula darah dan insulin, sehingga kadar glukosa akan tetap terjaga. Hal ini diperkuat oleh sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa minum ½ cangkir jus buah bit dapat menurunkan kadar glukosa setelah makan.

Namun, masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas buah bit dalam menurunkan gula darah.

4. Jus wortel

Bagi penderita diabetes atau orang yang sedang mempertahankan kadar gula darah, wortel bisa menjadi salah satu jus penurun gula darah berikutnya yang wajib dicoba. Pasalnya, wortel memiliki angka indeks glikemik yang rendah guna mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. 

Kandungan serat dalam wortel pun mampu menurunkan kadar glukosa darah jangka panjang dan glukosa darah puasa. Hal ini dapat mencegah lonjakan besar kadar gula darah dalam tubuh. 

5. Jus delima

Buah delima yang diolah menjadi jus tanpa tambahan gula bermanfaat untuk mengurangi kadar gula darah dan kolesterol yang tinggi, sampai meningkatkan resistensi insulin

Selain itu, kandungan antosianin yang bersifat antioksidan berguna untuk menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Kandungan tersebut mampu mengurangi peradangan dan mengontrol kadar gula darah. 

Bahkan, kandungan serat di dalam jus penurun gula darah ini pun dapat memperlambat penyerapan gula dalam makanan, sehingga mencegah terjadinya lonjakan gula darah setelah makan. 

6. Jus beri

Berbagai macam buah beri, seperti blueberryraspberry, dan blackberry, merupakan buah-buahan yang kaya akan nutrisi, seperti serat, vitamin, dan mineral. Kandungan nutrisi tersebut efektif menurunkan kadar gula darah setelah makan pada penderita diabetes.

Buah beri bahkan juga dapat memperlambat penyerapan gula ke aliran darah berkat kandungan serat di dalamnya. Selain itu, sifat antioksidan dan antiperadangan dari flavonoid dapat mencegah terjadinya diabetes. 

7. Jus seledri

Selain sering digunakan sebagai tambahan dalam masakan, siapa sangka sayur seledri juga bisa diolah menjadi jus penurun gula darah yang menyehatkan. Seledri termasuk sayuran yang memiliki indeks glikemik rendah sehingga dapat menjaga kadar gula darah tetap terkendali. 

Kandungan flavonoid yang bersifat antidiabetes di dalam jus seledri bahkan bermanfaat untuk menurunkan kadar glukosa dalam darah dan mengurangi timbunan lemak. Selain itu, dalam 1 cangkir atau setara 240 mililiter jus seledri hanya mengandung 5 gram gula alami. 

8. Jus alpukat

Tidak hanya lezat, jus alpukat juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Hal ini berasal dari kandungan polifenol yang berperan dalam mengontrol kadar gula darah dan menurunkan resistensi insulin pada tubuh, sehingga mencegah terjadinya penyakit obesitas dan diabetes. 

Selain kandungan tersebut, jus alpukat juga kaya akan serat yang bagus untuk mengontrol kadar gula darah dan menurunkan berat badan pada penderita diabetes dengan cara memperlambat penyerapan glukosa dalam makanan. Dengan begitu, lonjakan gula darah bisa dicegah. 

9. Jus lemon

Jus penurun gula darah selanjutnya adalah jus lemon. Lemon dikenal mengandung kandungan vitamin C. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat menurunkan kadar gula darah puasa, kadar kolesterol, dan menurunkan risiko terkena komplikasi penyakit diabetes, seperti penyakit jantung.

Pada orang sehat, jus lemon dapat menurunkan kadar gula darah. Hal ini berkat kandungan senyawa alami hesperidin, sehingga mengurangi risiko terkena penyakit diabetes. 

10. Jus buah naga

Selain lezat dikonsumsi secara langsung, buah naga juga dapat diolah menjadi minuman yang menyehatkan. Buah naga dapat mengontrol kadar gula darah berkat kandungan serat di dalamnya. Tidak hanya itu, senyawa flavonoid yang terkandung pada buah naga pun bermanfaat untuk menurunkan kadar glukosa dalam darah. 

Beberapa jus penurun gula darah di atas tidak hanya bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah, tetapi bisa juga untuk menurunkan berat badan. Meski begitu, tetap imbangi dengan mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara rutin setidaknya 150 menit dalam seminggu.

Bila Anda sudah mengonsumsi jus penurun gula darah dan menerapkan pola hidup sehat tetapi kadar gula darah belum turun juga, sebaiknya periksakan diri ke dokter guna mendapatkan tips atau saran mengenai cara menurunkan kadar gula darah yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.***alodokter

Related posts

Tips Mengkonsumsi Obat yang Mempengaruhi Peningkatan Glukosa Darah

admin

Ingin Mulai Bisnis Online? Ini Kiatnya

admin

Pakai Layanan bjb Edupay, Pembayaran Dana Pendidikan Makin Mudah

admin

Cerita Cerutu Asal Jember yang Diminati Pasar Eropa

admin

Pengembangan Komoditas Pangan ‘Pajalegong’ Makin Digencarkan

admin

Mengalami Penglihatan Ganda? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

admin

Leave a Comment