PPAD
KesehatanSerba-serbiTips

Delapan Buah yang Dapat Dikonsumsi Penderita Diabetes

PPAD Prosperity— Buah-buahan merupakan sumber nutrisi yang baik bagi tubuh karena mengandung beragam vitamin, serat, mineral, serta antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun, ternyata, tidak semua buah-buahan baik dikonsumsi penderita diabetes. Bagi penderita diabetes sebaiknya memilih buah yang ‘aman’ yakni memiliki indeks glikemik rendah, seperti apel, jeruk, dan pir. Tidak hanya memiliki indeks glikemik yang rendah, buah-buahan tersebut kaya akan nutrisi dan antioksidan sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan penderita diabetes.

Dikutip dari alodokter, berikut ini delapan buah yang baik dikonsumsi penderita diabetes. Buah-buahan berikut ini selain memiliki indeks glikemik rendah, juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi penderita diabetes.

1. Apel

Buah apel telah dipercaya sejak lama dapat mencegah berbagai penyakit. Hal ini karena apel tergolong rendah kalori dan karbohidrat, banyak mengandung serat, dan sumber vitamin C yang baik.

Bahkan, hanya dari kulitnya saja, buah apel dapat memenuhi hampir 20% kebutuhan serat harian dan kaya akan antioksidan.

2. Jeruk

Jeruk merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Bahkan, hanya dengan mengonsumsi satu jeruk, Anda dapat memenuhi 78% kebutuhan vitamin C harian.

Jeruk juga mengandung folat dan kalium yang bisa menjaga tekanan darah tetap stabil. Buah ini juga baik dan aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena rendah karbohidrat dan kalori.

3. Pir

Selain rendah karbohidrat, pir adalah buah yang tinggi serat. Hal ini membuat pir sebagai salah satu buah untuk diabetes yang aman untuk dikonsumsi. Selain dikonsumsi secara langsung, Anda juga dapat mencampur buah ini ke dalam salad atau diolah menjadi jus.

4. Jambu biji

Penelitian menunjukkan bahwa jambu biji mengandung indeks glikemik rendah sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain itu, buah tropis ini juga dikenal sebagai sumber vitamin C yang baik serta mengandung beragam nutrisi lain, seperti folat, beta karoten, dan protein.

5. Ceri

Kandungan antioksidan dan kalium membuat ceri layak dijadikan buah untuk diabetes. Kedua kandungan tersebut dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh penderita diabetes.

Bahkan, buah ceri kalengan yang biasa dijadikan hiasan kue tart, masih dianggap aman untuk dikonsumsi penderita diabetes, asalkan tidak ditambahkan gula.

6. Stroberi

Buah stroberi memiliki kandungan serat yang tinggi. Stroberi sebaiknya dikonsumsi langsung tanpa diolah terlebih dahulu agar manfaat vitamin C dapat diperoleh secara optimal.

Manfaat lain dari buah untuk diabetes ini adalah dapat meningkatkan sensitivitas insulin sehingga tubuh dapat mengatur kadar gula dengan lebih baik. Namun, manfaat stroberi bagi penderita diabetes ini masih perlu dikaji lebih dalam.

7 Pepaya

Meski tidak semua orang menyukai buah tropis ini, nyatanya pepaya merupakan salah satu buah untuk diabetes yang aman dikonsumsi. Pepaya termasuk buah dengan indeks glikemik sedang yang tidak akan meningkatkan kadar gula darah terlalu cepat.

Selain itu, pepaya juga kaya akan serat sehingga dapat menimbulkan rasa kenyang lebih lama. Jadi, keinginan untuk ngemil makanan yang bisa meningkatkan kadar gula darah bisa dicegah. Buah untuk diabetes ini juga dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah berkat kandungan antikosidannya.

8. Alpukat

Alpukat terkenal dengan kandungan lemak baiknya yang baik untuk penderita diabetes. Konsumsi buah untuk diabetes ini justru dapat membantu menjaga berat badan tetap ideal, menurunkan kolesterol, serta meningkatkan sensitivitas insulin.

Selain itu, konsumsi alpukat tidak akan meningkatkan kadar gula darah secara drastis dan bisa memberikan sumber serat yang optimal.

Meski buah-buahan di atas baik bagi penderita diabetes, usahakan untuk mengonsumsinya tanpa tambahan gula. Pilihlah buah yang masih segar dan pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebih atau dalam porsi besar. Buah untuk diabetes juga bisa dikonsumsi dalam bentuk jus, tetapi hindari penambahan gula, susu, atau pemanis buatan.***

Related posts

BMKG Prediksi Awal Musim Hujan Mulai November 2023, El Nino hingga Awal 2024

admin

Kiat Menjadi Petani Sukses dan Makmur ala Mayor (Purn) Wayan Supadno

admin

Doni Monardo: Inalum Utang Budi kepada Danau Toba

admin

Stroke Ringan dan Cara Menanganinya

admin

Aenose, Alat Deteksi Kualitas Daging Ayam Buatan UNAIR yang Terdaftar Hak Paten

admin

Promo DIGI Ramadhan Pasar NgaDIGI, Belanja ke Pasar Dapat Hadiah dari bank bjb

admin

Leave a Comment