PPAD
KesehatanSerba-serbiTips

Daun Kenikir untuk Mengobati Diabes, Cobalah!

PPAD Prosperity— Baru-baru ini viral sebuah video tentang manfaat daun kenikir untuk mengobati penyakit diabetes. Pria yang mengaku sebelumnya adalah pasien diabetes dan rutin meminum obat dokter untuk penyakitnya, mengaku telah melepaskan obat-obatan dokter karena gula darahnya kini terkendali berkat mengkonsumsi rebusan daun kenikir.

Pertanyaannya, benarkan daun kenikir memiliki khasiat ajaib dapat mengobati diabes?

Dari berbagai literasi terkait daun kenikir dan manfaatnya bagi kesehatan, memang disebutkan bahwa salah satu khasiat dari daun ajaib ini adalah menormalkan gula darah. Konon, sudah ada penelitian tentang hal itu.

Namun mungkin, seperti halnya obat-obatan medis, berlaku juga ‘cocok-cocokan’. Jadi ada yang cocok menggunakan kenikir untuk menurunkan gula darah ada juga yang merasa biasa saja. Mungkin.

Dikutip dari alodokter, disebutkan ada 6 manfaat dari daun kenikir untuk kesehatan. Di antaranya adalah mencegah dan mengobati diabetes. “Salah satu manfaat daun kenikir yang paling dikenal adalah mengobati dan mencegah penyakit diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 terjadi ketika kadar gula darah terlalu tinggi di dalam tubuh karena insulin tidak dapat bekerja dengan efektif.”

“Beberapa penelitian menemukan bahwa daun kenikir bisa memperbaiki kinerja insulin dalam tubuh dan mengurangi penyerapan glukosa berlebih dalam sistem pencernaan, sehingga kadar gula darah pun dapat terkendali,” demikian dilansir alodokter.

Bagi mereka yang ingin mencoba, tidak sulit menemukan daun kenikir. Di pasar-pasar tradisional daun ajaib ini banyak dijual.

Bagaimana cara mengkonsumsinya?

Ada banyak cara. Bisa dilalap karena memang daun kenikir acap dijadikan sayur oleh Masyarakat lepas dari daun ini punya manfaat penurun gula darah. Bisa juga direbus, dan air rebusannya rutin diminum. Tapi jangan lupa jika rutin mengkonsumsi daun kenikir, misalnya rebusannya, harus juga memeriksakan gula darahnya secara berkala. Tujuannya, agar tahu perkembangan dari gula darah Anda.

Mengonsumsi Daun Kenikir yang Aman

Alodokter memberi tips mengkonsumsi daun kenikir yang aman. Daun kenikir paling umum dikonsumsi sebagai lalapan. Namun, Anda juga bisa menggunakan daun ini untuk diolah sebagai teh herbal dengan cara merebusnya, lalu minum air rebusan tersebut. Selain itu, daun kenikir saat ini juga sudah banyak tersedia dalam bentuk suplemen herbal.

Jika pengolahannya benar, daun kenikir bisa menjadi sumber nutrisi ketika dikonsumsi.

Berikut ini adalah cara mengolah daun kenikir:

Cuci bersih daun kenikir dengan air mengalir.

Panaskan air yang telah dicampur sedikit garam di dalam panci.

Masukkan daun kenikir ke dalam air dan masak hingga matang.

Angkat dan tiriskan daun kenikir.

Meski daun kenikir memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, perlu diingat bahwa semua manfaat daun kenikir yang telah disebutkan di atas belum didukung oleh bukti klinis yang memadai.

Penelitian yang dilakukan masih sebatas pada hewan percobaaan, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas maupun efek sampingnya pada manusia.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki suatu kondisi medis dan ingin mendapatkan manfaat daun kenikir sebagai obat herbal, sebaiknya konsultasikan lebih dahulu dengan dokter, terlebih jika Anda sedang mengonsumsi obat dari dokter atau menderita penyakit tertentu.***

Related posts

Webinar KUB, bank bjb Dukung Pengembangan Ekosistem BPD Indonesia

admin

Food Estate Antisipasi terhadap Gangguan Ketahanan Pangan

admin

Laki-Laki Lebih Berpotensi Terkena Parkinson, Waspadalah!

admin

Sido Rempah, Meracik Ulang Kejayaan Rempah Nusantara

admin

Kopi Hijau? Ini Manfaat dan Risikonya

admin

Tangkal Ancaman Polarisasi Bangsa, TNI AD Gelar Bincang-Bincang Kebangsaan

admin

Leave a Comment