PPAD
Serba-serbiWirausaha

Bisnis Jeruk Makin Menggiurkan: Varietas Baru ‘Daysindo Agrihorti’ Bisa Jadi Pilihan

PPAD Properity— Permintaan jeruk terus meningkat baik dari dalam maupu luar negeri. Tak heran kalau Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu meminta Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo agar meningkatkan kapasitas produksi jeruk unggulan guna memenuhi permintaan dalam negeri yang meningkat signifikan selama masa pandemic. Juga, ekspor di antaranya dari negara-negara di Eropa.

Kabar gembira ini juga menjadi kabar baik bagi pihak-pihak yang bergelut di dunia jeruk, tak kecuali para petaninya. Untuk yang tengah mencari peluang bisnis baru, agaknya berusaha di bidang perjerukan bisa menjadi salah satu pertimbangan.

Nah, kabar terbaru terkait jeruk, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) baru saja meluncurkan satu lagi varietas unggulan jeruk keprok  ‘Daysindo Agrihorti’.

Jeruk ini memiliki ciri tekstur buah halus, kerapatan pori sedang dan buah masak berwarna oranye. Daysindo memiliki rasa yang manis segar dengan brix mencapai 15 – 16. Berat buahnya 177 – 280 gram dengan daya simpan 40 – 45 hari. Buah ini adaptif dikembangkan di dataran tinggi.

Yang berminat mengembangkan jeruk varietas terbaru ini bisa menanyakan bibit ‘Daysindo’ di Balitjestro—Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian— yang terletak di Dusun Kliran Desa Bulukerto Bumiaji Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Atau menghubungi Instagram @balitjestro.

Selain jeruk, di Balitjestro kita juga bisa menanyakan tentang bibit buah lainnya. Karena di sana bukan hanya jeruk, tapi juga mengembangkan aneka buah unggulan. Di antaranya lengkeng, apel, stroberi dan lain-lain.

“Balitjestro sudah punya teknologi yang bisa mendorong produktivitas jeruk termasuk mengatur pembuahan sepanjang tahun dengan teknologi Bujangseta. Dengan sentuhan teknologi, jeruk-jeruk kita bisa masuk ke beberapa pasar global,” kata Fadjry Djufry , Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian, beberapa waktu lalu.***dnr

Related posts

Bertani Singkong di Lahan Kering Masam, Ini Cara Tingkatkan Produktivitas dan Kualitasnya

admin

Aenose, Alat Deteksi Kualitas Daging Ayam Buatan UNAIR yang Terdaftar Hak Paten

admin

Sopir Batalyon Jadi Raja Bus

admin

Perkenalkan, Cantini Agrihorti Bunga Cantik dari Balithi

admin

Promo Spesial Idulfitri 1444H bank bjb, Banjir Diskon!

admin

Muliakan Kepala Suku, Mulialah Papua

admin

Leave a Comment