PPAD
Berita Mabes ADSerba-serbi

Atasi Masalah Pupuk, Prajurit Yonif Raider Khusus 732/Banau Bikin Kompos Bokashi

PPAD Prosperity— Pupuk kompos berbahan alami dengan melalui proses fermentasi dikenal dengan sebutan sebagai Pupuk Bokashi diklaim dapat meningkatkan kesuburan Tanah. Dengan manfaat yang didapat akan memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah sehingga kebutuhan tanaman akan unsur hara, makro dan mikro dapat terpenuhi. Oleh karenanya secara langsung dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas pertanian.

Para prajurit Yonif Raider Khusus 732/Banau telah mempraktekan pembuatan pupuk Bokashi dengan pendampingan dari Dosen STPK Banau Ibu Fonike Samad. Demikian keterangan tertulis Danyonif 732/Banau Letkol Inf Dony Rahmad Putra, baru baru ini.

Danyonif Raider Khusus 732/Banau mengatakan, pembuatan pupuk ini sebagai solusi untuk mengatasi kesulitan memdapatkan pupuk disertai harga pupuk yang mahal.

“Harapannya Yonif Raider Khusus 732/Banau dapat menerapkan penggunaan pupuk Bokashi ditujuh pangkalan kompi-kompi maupun di tengah masyarakat sekitar, ” ucapnya.

Beberapa bahan yang diperlukan dalam pembuatannya yakni Kotoran Hewan, Dedak Padi, Arang Sekam, Daun Gamal, Gula Pasir, Formula EM4, dan juga Air.

Adapun mekanisme pembuatannya yakni diawali dengan mencampurkan kohe, dedak, arang sekam, dan daun galam menjadi satu. Dilanjutkan melarutkan gula pasir ke dalam Air dan kemudian dicampurkan formula EM4 dan air.

Setelah itu, larutan yang sudah jadi disiramkan diatas campuran kohe, dedak, arang sekam, dan daun gamal. Langkah terakhir yakni ditutup dengan terpal, dan selanjutnya dicek tiap 2 hari selama 14 hari untuk tidak di atas 50⁰C.

Kerjasama yang dibangun oleh Yonif Raider Khusus 732/Banau dengan STPK Banau Halbar tidak hanya pembuatan pupuk namun juga mencakup tentang produksi dan pemasaran sirup buah pala, kue sagu dan hasil tanaman yang diolah menjadi makanan. (Dispenad)

Related posts

UU Kesejahteraan Lansia Upaya Berikan Kehidupan Layak Bagi Warga Berusia Senja

admin

Mudik Bersama 1206 Personel Mabesad

admin

Domba Bisa Jadi Alternatif Ternak Pasca-Wabah PMK

admin

Liga Santri Siap Digelar

admin

Kasad Dampingi Presiden pada Acara Puncak Penanaman Mangrove Nasional

admin

Pangkostrad Tembus Zona Hitam Papua Temui Prajuritnya di Kenyam Nduga

admin

Leave a Comment