PPAD
Berita TerkiniSerba-serbiWirausaha

Teknologi: Cara Unik Tingkatkan Produksi Susu, Sapi Dipakaikan Kacamata VR

PPAD Prosperity— Setiap peternak sapi perah pasti melakukan berbagai cara untuk bisa meningkatkan produksi susu sapi-sapinya. Macam-macam dilakukan, baik yang biasa saja –dalam artian banyak dilakukan oleh para peternak—sampai hal-hal unik.

Izzet, peternakan di Aksaray, misalnya. Ia melakukan eksperimen dengan memakaikan sapinya kacamat VR (virtual reality). Menurut Izzet, kacamata VR itu akan membuat sapinya  berpikir mereka berada di tengah padang rumput hijau di musim panas.

Jika eksperimennya ini berhasil, ia akan menggunakan cara yang sama untuk 180 ekor sapinya.

Dikutip dari laman odditycentral, keluarga zzet Koçak telah beternak sapi di Aksaray, Turki, selama tiga generasi, dan bisnisnya bertahan lama karena mereka selalu berusaha mengikuti perkembangan zaman.

Sapi memakai kacamata VR/sumber foto: facebook Hammou Redouane

Sekarang giliran Izzet untuk memastikan bisnis keluarga berjalan cukup baik untuk diteruskan ke generasi berikutnya, dan dia akan memberikan solusi yang tidak konvensional. Setelah bereksperimen dengan musik yang dirancang untuk menenangkan sapi, petani Turki ini bereksperimen dengan kacamata VR khusus untuk membuat hewan percaya bahwa mereka sedang merumput di padang rumput yang cerah, bukan di peternakan dalam ruangan yang suram di tengah musim dingin.

“Kami mendapatkan rata-rata 22 liter susu setiap hari dari sapi kami,” kata Koçak kepada Anadolu News Agency.

“Kami memiliki 2 ekor sapi yang memakai kacamata Virtual Reality. Mereka sepanjang hari menonton padang rumput hijau yang luas. Hasilnya,  produksi susu harian meningkat hingga 27 liter. Kacamata ini secara emosional baik untuk hewan. Kacamata ini juga membantu mengurangi stress pada hewan. Hal ini tercermin dari produksi susu maupun kualitas susu yang dihasilnya,” ungkap Izzet.

Ia mengatakan, apa yang dilakukannya ini terinspirasi dari sebuah artikel tentang sapi yang memakai kacamata  Virtual Reality di sebuah peternakan di Rusia. Dia tertarik dengan ide itu. Kemudia ia menghubungi perusahaan yang membuat kacamata sapi khusus ini dan memesan beberapa pasang.

Sekarang dia telah melihat efek dari teknologi VR tersebut. Izzet  berencana untuk memesan 10 kacamata lagi. Jika tingkat produksi susu meningkat dengan cara yang sama, dia ingin mendapatkan headset untuk 180  ekor sapinya.***dnr

Related posts

Kondisi Ketua Umum PPAD Doni Monardo Stabil

admin

Dengan Menabung di bank bjb Bisa Nonton Konser Sobat Festival 2023

admin

BMKG: Diprediksi Musim Hujan secara Bertahap Mulai November Ini

admin

Junk Food dan Efeknya pada Kesehatan, Waspadalah!

admin

Presiden Jokowi Apresiasi Gebrakan Mentan Amran Lakukan Percepatan Tanam Padi

admin

Kasad Blusukan ke Pasar Cek Harga Minyak Goreng

admin

Leave a Comment