PPAD
KesehatanSerba-serbiTips

Sulit Tidur? Insomnia? Cobalah Meditasi, Ini Caranya

PPAD Prosperity— Sebuah penelitian menyebutkan bahwa sekitar 35–50% orang dewasa rentan mengalami insomnia. Kondisi ini tidak boleh diabaikan karena kurangnya waktu tidur bisa menyebabkan sulit konsentrasi dan mudah lelah, sehingga bisa mengganggu aktivitas maupun produktivitas.

Dalam jangka panjang, sulit tidur juga dapat memicu berbagai gangguan kesehatan serius seperti diabetes,  hipertensi, bahkan serangan jantung.  Karena dampaknya tidak bisa disepelekan, Anda perlu mengatasi keluhan ini dengan seksama, salah satunya dengan meditasi sebelum tidur.

Meditasi sebelum tidur dipercaya bisa mengurangi stres yang sering kali memicu insomnia. Faktanya, Teknik relaksasi ini dapat menenangkan pikiran dan membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga tidur pun bisa lebih pulas.

Cara Meditasi Sebelum Tidur

Meditasi sebelum tidur bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, serta tidak membutuhkan peralatan khusus. Anda hanya memerlukan ruangan yang tenang agar bisa fokus melakukan meditasi.

Jika sudah berada di ruangan yang tenang, Anda dapat menerapkan cara meditasi sebelum tidur berikut ini:

  • Ambil posisi yang nyaman, baik duduk atau berbaring.
  • Tutup mata Anda.
  • Atur pernapasan dengan tarik napas dalam selama 5 detik, lalu embuskan secara perlahan selama 5 detik pula.
  • Lakukan secara berulang.

Usahakan untuk memfokuskan pikiran pada gerakan dan irama napas. Setiap kali pikiran Anda mulai beralih ke hal lain, kembalikan fokus Anda pada aliran udara dan gerakan pernapasan.

Bila Anda belum pernah mencoba meditasi sebelumnya, cukup lakukan meditasi secara singkat, yaitu selama 3–5 menit sebelum tidur. Setelah terbiasa, Anda bisa memperpanjang waktu meditasi menjadi 15–20 menit atau sesuaikan dengan kebutuhan.

Manfaat Meditasi Sebelum Tidur

Manfaat meditasi sebelum tidur yang paling utama adalah meningkatkan kualitas tidur. Namun, tidak hanya itu. Ada manfaat lain yang bisa Anda peroleh dari kebiasaan ini, yaitu:

Meningkatkan produksi melatonin, yaitu hormon tidur, mengurangi rasa sakit, meningkatkan suasana hati, mengurangi kecemasan dan depresi, meningkatkan focus, mengontrol tekanan darah, menjaga kesehatan jantung.

Selain melakukan meditasi sebelum tidur, ada beberapa kebiasaan yang juga dapat membuat Anda tidur lebih cepat atau mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik, yaitu:

Hindari bermain gadget ketika akan tidur, redupkan cahaya ruang tidur, konsumsi air putih yang cukup, gunakan baju tidur yang nyaman. Usahakan untuk tidur di waktu yang sama agar siklus tidur terbentuk.***alodokter

Related posts

Pemantapan Acara Pengukuhan DPP dan DPD PPAD

admin

bank bjb Manjakan Agen bjb BiSA! dengan Hadiah Voucher Belanja dan Saldo DigiCash

admin

Presiden: Kita Membutuhkan Data yang Akurat, Sensus Pertanian Sangat Penting

admin

Waspada Heatstroke: Jangan Menunggu Haus Baru Minum

admin

bank bjb Dukung Ekspor Porang ke China, Sejahterakan Petani Melalui Kredit Pola Kemitraan

admin

Ini 7 Vitamin dan Suplemen Terbaik untuk Memerangi Stres

admin

Leave a Comment