PPAD
KesehatanSerba-serbi

Peringatan untuk yang Terlalu Banyak Duduk, Waspada 12 Penyakit Mengintai Anda

PPAD Prosperity— Sadar ataupun tidak kebanyakan dari kita mengabiskan banyak waktu di tempat duduk. Bekerja di belakang meja, naik kendaraan, makan, nonton tv, dll. Terkadang—mungkin sering—lantaran terlalu focus pada aktivitas yang dilakukan sambil duduk, kita lupa untuk sesekali berdiri setidaknya satu jam sekali.

Tahukah Anda bahwa terlalu lama duduk—apalagi rutin dilakukan– bisa membahayakan kesehatan. Bukan hanya membuat otot dan sendi menjadi lebih lemah, atau melambatnya metabolisme tubuh tapi juga berisiko kanker.

“Anda mungkin lebih mungkin terkena kanker usus besar, endometrium, atau paru-paru. Semakin banyak Anda duduk, semakin tinggi peluangnya. Wanita yang lebih tua memiliki kemungkinan lebih tinggi terkena kanker payudara,” tulis WebMd.

Hal ini juga diperkuat hasil penelitian American Cancer Society, sebagaimana dikutip dari cancer.org, yang menyebut wanita yang menghabiskan 6 jam atau lebih waktu luang untuk duduk per hari memiliki risiko 10% lebih besar terkena kanker dibandingkan wanita yang menghabiskan waktu luang kurang dari 3 jam untuk duduk per hari.

Berikut ini paparan WebMD tentang bahaya terlalu banyak duduk.

1.Menyebabkan Masalah pada Jantung— Hasil penelitian yang membandingkan antara dua kelompok, yakni; mereka yang banyak duduk seperti pengemudi angkutan umum yang duduk sepanjang hari, dengan, kondektur atau penjaga yang tidak (jarang) duduk. Meskipun pola makan dan gaya hidup mereka sangat mirip, mereka yang banyak duduk, dua kali lebih mungkin terkena penyakit jantung dibandingkan mereka yang berdiri.

2.Dapat Mempersingkat Hidup Anda— Anda lebih mungkin meninggal lebih awal karena sebab apa pun jika Anda duduk dalam waktu lama. Meskipun Anda termasuk rajin berolahraga.

3.Demensia Lebih Mungkin– Jika Anda terlalu banyak duduk, otak Anda bisa terlihat seperti orang dengan demensia. Duduk juga meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, stroke, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi, yang semuanya berperan dalam kondisi tersebut. Bergerak sepanjang hari dapat membantu lebih dari sekadar berolahraga untuk menurunkan risiko masalah kesehatan ini.

4.Anda Akan Membatalkan Semua Latihan Itu—Efek terlalu banyak duduk sulit dilawan dengan olahraga. Bahkan jika Anda berolahraga 7 jam seminggu — jauh lebih banyak dari yang disarankan 2-3 jam — Anda tidak dapat membalikkan efek duduk 7 jam setiap kali. Jadi terus lah bergerak!

5.Potensi Diabetes Anda Meningkat—Yup, kemungkinan besar Anda juga akan mengalaminya, jika Anda duduk sepanjang hari. Dan itu bukan hanya karena Anda membakar lebih sedikit kalori. Tidak jelas mengapa, tetapi dokter berpikir, duduk dapat mengubah cara tubuh Anda bereaksi terhadap insulin, hormon yang membantu membakar gula dan karbohidrat untuk energi.

6.Anda Bisa Mendapatkan DVT— Deep Vein Thrombosis (DVT) atau Trombosis Vena Dalam adalah gumpalan yang terbentuk di kaki Anda, seringkali karena Anda duduk diam terlalu lama. Ini bisa menjadi serius jika gumpalan itu terlepas dan tersangkut di paru-paru Anda. Anda mungkin melihat pembengkakan dan rasa sakit, tetapi beberapa orang tidak memiliki gejala. Itulah mengapa ada baiknya untuk menghentikan sesi duduk yang lama.

7.Berat Badan Anda Akan Bertambah— Banyak menonton TV? Jelajahi web selama berjam-jam? Anda lebih cenderung kelebihan berat badan atau malah obesitas. Jika Anda berolahraga setiap hari, itu bagus, tetapi itu tidak akan mengurangi berat badan ekstra yang Anda peroleh karena terlalu banyak waktu di depan layar

8.Kecemasan Anda Mungkin Melonjak— Bisa jadi Anda sering sendirian dan terlibat dalam aktivitas berbasis layar. Jika ini mengganggu tidur Anda, Anda bisa menjadi lebih cemas. Plus, terlalu banyak waktu sendirian dapat membuat Anda menarik diri dari teman dan orang yang dicintai, yang terkait dengan kecemasan sosial. Para ilmuwan masih berusaha mencari tahu penyebab pastinya.

9.Masalah Punggung— Posisi duduk memberi tekanan besar pada otot punggung, leher, dan tulang belakang Anda. Lebih buruk lagi jika Anda membungkuk. Carilah kursi yang ergonomis — artinya kursi itu memiliki ketinggian yang tepat dan menopang punggung Anda di tempat yang tepat. Tapi ingat: Tidak peduli seberapa nyaman Anda, punggung Anda tetap tidak akan menyukai sesi duduk yang lama. Bangun dan bergeraklah selama satu atau dua menit setiap setengah jam untuk menjaga tulang belakang Anda tetap lurus.

10.Menyebabkan Varises—Duduk terlalu lama dan darah bisa menggenang di kaki Anda. Ini memberi tekanan tambahan pada pembuluh darah Anda. Mereka bisa membengkak, memutar, atau menonjol — yang oleh dokter disebut varises. Anda mungkin juga melihat urat laba-laba, kumpulan pembuluh darah yang rusak di dekatnya. Itu biasanya tidak serius, tetapi bisa terasa sakit. Dokter Anda dapat memberi tahu Anda tentang pilihan perawatan jika Anda membutuhkannya.

11.Potensi Osteoporosis— Mereka yang lansia, mungkin banyak menghabiskan waktunya dengan duduk berjam-jam. Sebaiknya jangan. Bergerak lah. Karena dengan duduk terlalu lama dan rutin berpotensi terkena osteoporosis. Tidak perlu harus keluar rumah, bergerak lah di dalam rumah ataupun di pekarangan Anda.

12.Meningkatkan Potensi Terkena Kanker.***/din

Related posts

Sukses Dukung Program Kejar, bank bjb Terima Penghargaan OJK

admin

Di Tengah Tekanan Ekonomi, bank bjb Optimistis Kinerja Kredit Tetap Tumbuh

admin

Atasi Masalah Pupuk, Prajurit Yonif Raider Khusus 732/Banau Bikin Kompos Bokashi

admin

Waspada Heatstroke: Jangan Menunggu Haus Baru Minum

admin

bank bjb Hadirkan Promo Menarik di Konser Now Playing Festival Iconic Momento 2023

admin

Mentan Amran Giatkan Teknologi Modern untuk Percepatan Tanam

admin

Leave a Comment