PPAD
Berita Mabes ADSerba-serbi

Inspiratif, Babinsa Beri Pelatihan Mekanik Gratis untuk Anak Putus Sekolah

PPAD Prosperity— Di tengah kesibukannya sebagai anggota TNI, seorang Babinsa dari Kodim 0110 Aceh Barat Daya memberikan pelatihan ilmu mekanik secara gratis untuk remaja yang putus sekolah, Minggu (10/9/2023).

Berbekal kecintaannya terhadap dunia mekanik, Babinsa yang bernama Koptu Hendra Kelana berhasil merintis usaha bengkel sejak tahun 2013 silam, di halaman pekarangan rumahnya, di kawasan Desa Pasar Kecamatan Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya.

Berkat kegigihannya, kini ia telah mampu mempekerjakan lima orang warga di sekitarnya. Selain mampu menciptakan lapangan kerja baru, Koptu Hendra Kelana juga aktif memberikan pelatihan mekanik secara gratis untuk anak putus sekolah. Ia juga kerap menerima praktek siswa magang dari sejumlah sekolah kejuruan wilayah setempat.

Foto: Dispenad

Ada pun ilmu mekanik yang diberikan oleh sang Babinsa di antaranya ilmu bongkar mesin otomotif, bubut dan las listrik. Salah satu peserta latihan, Rusli (19) asal Kecamatan Susoh mengaku senang bisa mengikuti pelatihan mekanik secara gratis dari Babinsa. Menurutnya ilmu yang telah ia dapat sangat bermanfaat untuk kemandiriannya di masa depan.

“Sangat bermanfaat. Apalagi ilmu yang diberikan Babinsa ini gratis. Bila di tempat lain, untuk mendapatkan ilmu ini tentunya pakai biaya,” ujar Rusli.

Di tengah kesibukannya sehari-hari Koptu Hendra Kelana juga membuka jasa bengkel panggilan, khusus untuk sepeda motor dan alat mesin pertanian, dengan tarif seikhlasnya.

Ia berharap ilmu yang dimilikinya dapat memberikan manfaat, khususnya untuk TNI dan masyarakat luas pada umumnya.

“Dalam memberikan bantuan itu saya ikhlas, tidak pernah mematok harga. Ada dikasih, saya terima, jika tidak saya anggap amal. Semoga ilmu mekanik yang saya miliki ini dapat bermanfaat,, khususnya untuk TNI dan umumnya masyarakat luas,” tuturnya. (Dispenad)

Related posts

BPIP RI dan TNI AD Gelar Seminar Kebangsaan, Pertegas Pancasila Sebagai Ideologi Pemersatu Bangsa

admin

Dikmata TNI AD 2024, Tempa Ribuan Putra Bangsa Jadi Prajurit Sejati

admin

Panglima TNI Pimpin Upacara Peringatan HUT Kopassus ke-72

admin

Di bank bjb, Nabung Berjangka Langsung Bawa Pulang Sepeda Motor

admin

Perjalanan 62 Tahun bank bjb Berkontribusi dan Mengakselerasi Ekonomi

admin

Mentan Amran Sebut Kasad Jenderal Maruli ‘Bapak Pangan’

admin

Leave a Comment