PPAD
Berita Terkini

Hujan Buatan Dinilai Berdampak Buruk pada Petani Buah

PPAD Prosperity— Langkah Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membuat hujan buatan untuk memadamkan kebakaran hutan (karhutla) beberapa waktu lalu berdampak bagi petani buah di Kalimantan. Hal ini diakibatkan penyemaian garam yang membuat tanaman menjadi layu.

Demikian disampaikan Anggota Komisi VIII DPR RI Syaifullah Tamliha dalam Rapat Kerja dengan Kepala BNPB di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (1/4/2024), dilansir laman dpr.go.id.

“Hujan buatan membuat petani buah banyak yang gagal panen terutama di wilayah Kalimantan,” tuturnya.

Politisi PPP ini menjelaskan, hujan buatan membuat kandungan tanah menjadi asin. BNPB harus mecari alternatif lain jika terjadi karhutla agar petani buah tidak semakin rugi. “Jika dilihat dampaknya para petani itu rugi besar, apalagi jika sedang musim panen,” sebutnya.

Syaifulla menambahkan, kondisi tersebut diperparah dengan datangnya musim hujan saat ini. Apalagi, intensitas hujan saat ini terbilang masih tinggi. “Sudah musim panas terjadi karhutla diperburuk dengan hujan buatan. Sedangkan saat ini musim hujan petani juga semakin kesulitan banyak yang gagal panen,” tambahnya.***

Related posts

Kasad: Peningkatan Kesejahteraan harus Dirasakan Prajurit dan Keluarganya

admin

Pemantapan Acara Pengukuhan DPP dan DPD PPAD

admin

Doni Monardo Minta BUMN Tambang Transparan Kelola CSR

admin

Hipertensi Jadi Penyakit Paling Banyak di Pos Kesehatan Mudik

admin

Kenangan Natuna Laksamana Yudo

admin

Pengamat Pertanian UGM: Regenerasi Petani Jadi Masalah Semua Negara

admin

Leave a Comment