PPAD
Berita TerkiniTipsWirausaha

15 Ide Bisnis dengan Modal Pas-pasan untuk Para Pensiunan

PPAD Prosperity— Tidak ada kata terlambat. Ungkapan itu juga berlaku bagi mereka yang baru mulai berbisnis di saat telah pensiun. Lihatlah Kolonel Harland Sanders, pendiri Kentucky Fried Chicken (KFC). Ia memulai bisnisnya setelah pensiun, hanya dengan satu ‘resep rahasia’ ayam goreng.

Jadi, siapa bilang Anda harus berusia muda untuk mulai membangun bisnis sendiri.  Meskipun -mungkin- memulai bisnis kecil setelah pensiun bisa jadi sangat melelahkan, yang Anda butuhkan hanyalah langkah awal. Dan, media sosial dapat membantu Anda dalam pemasaran – promosikan bisnis Anda dengan teks dan gambar menarik.

Jika Anda berpikir bahwa membangun usaha membutuhkan modal besar dan Anda tidak memilikinya, jangan khawatir. Sesungguhnya ada banyak bisnis dengan modal pas-pasan yang bisa dijalankan. Asalkan tekun, bermental kuat serta kreatif, tak menutup kemungkinan bisnis bermodal pas-pasan ini menjadi besar dikemudian hari.

Berikut ini 15 ide bisnis menarik untuk para pensiunan yang dikutip dari laman seniority.in. Bisnis-bisnis ini hanya membutuhkan investasi yang sedikit. Anda bisa memilih salah satunya sesuai minat.

“Sebagai manusia, kita membutuhkan tujuan yang bermakna untuk dikejar dalam hidup – kita semua melakukannya.”

1.Penjualan online

Bisnis ini bekalangan tengah ngetren. Apalagi dalam situasi pandemic Covid-19 seperti sekarang dimana pembatasan mobilitas dilakukan di mana-mana. Kebanyakan orang lebih suka di rumah. Pegawai diminta untuk Work From Home, pelajar diminta belajar di rumah. Dan pada akhirnya berbelanja berbagai kebutuhan pun dilakukan secara online.

Ilustrasi/sumber foto: seniority.in

Ini sungguh peluang bagus bagi mereka yang memiliki niat berbisnis. Berjualan online tidak membutuhkan fisik toko, yang utama adalah produk yang dijual. Ada banyak produk yang bisa dijual online. Anda bisa mempelajarinya.

Jika Anda memiliki keahlian khusus dalam kerajinan tangan, mainan lunak, pakaian desainer, membuat sabun kreatif, dan wewangian, dll, buatlah toko online di berbagai platform e-niag.

Anda juga bisa berjualan di beberapa platform media sosial seperti Facebook dan Instagram. Bangun reputasi Anda dari waktu ke waktu. Anda bahkan bisa membuyat situs Web sendiri untuk berjualan aneka produk sendiri.

Jika Anda memerlukan panduan dalam menggunakan komputer atau dalam menyiapkan toko online, mintalah bantuan dari anggota keluarga Anda atau tonton tutorial-nya di YouTube.

2.Layanan perawatan di rumah

Anak-anak yang sudah besar-besar tidak lagi tinggal dengan orangtuanya, entah karena pekerjaan, sudah menikah, pendidikan atau alasan lainnya.  Orangtua tetap tinggal di rumah. Mereka ini mungkin membutuhkan tenaga orang lain untuk melakukan pekerjaan sehari-hari di rumah. Ini adalah peluang Anda untuk membuka layanan pekerjaan rumah tangga.

Misalnya, membantu mereka berbelanja, dll kebutuhan lainnya. Anda bisa menetapkan sendiri jasa apa yang akan Anda akan berikan. Penting untuk melakukan promosi menarik agar banyak orang tahu bahwa Anda menyediakan layanan tersebut.

Hal penting yang harus Anda lakukan adalah menjaga kepercayaan klien. Salah satunya lewat hasil kerja yang memuaskan. Ini bisa menjadi ‘promosi’ yang baik bagi Anda. Karena klien akan membicarakan kepuasannya atas layanan Anda kepada keluarganya juga kenalan-kenalannya.

3.Layanan pendidikan untuk anak-anak

Anda tidak perlu memiliki latar belakang mengajar untuk bisa membuka les untuk para siswa. Di bisnis ini, Anda juga bisa melibatkan beberapa orang yang memiliki kemampuan menganjar mata pelajaran tertentu. Orangtua di sekitar tempat tinggal Anda pasti banyak yang membutuhkan guru-guru yang bisa dipanggil ke rumah untuk mengajar anak-anak mereka. Atau bisa juga Anda membuka kelas di rumah Anda sendiri. Silahkan memilih, mana yang terbaik. Bisa juga keduanya berjalan beriring. Yang harus Anda lakukan untuk bisnis ini adalah promosi. Mulai lah mempromosikan bisnis pendidikan ini di lingkungan tempat tinggal Anda. Saat reputasi Anda tumbuh, bisnis Anda juga akan tumbuh.

4.Kuliner

Bagaimana jika berbisnis makanan buatan sendiri? Banyak orang melakukannya. Meski begitu peluang di bisnis ini tetap sangat terbuka lebar. Karena, semua orang perlu makan, bukan?

Ilustrasi/foto: Elle Hughes, pexels.com

Mulailah dengan menerima pesanan kecil dari lingkungan Anda. Bisnis semacam ini biasanya dapat berkembang dengan cepat jika Anda memberikan layanan yang baik. Anda bahkan dapat memposting tentang bisnis Anda di media sosial – dengan cara ini, Anda dapat menjangkau lebih banyak orang dalam waktu yang lebih singkat. Misalnya Anda memilih bisnis makanan organic dan sehat.

Mulailah menyiapkan beberapa resep Anda dan mulailah! “Tahukah Anda bahwa menyibukkan diri dengan beberapa aktivitas meningkatkan kehidupan Anda?”

5.Penulisan konten

Merek sangat bergantung pada konten berkualitas untuk mempromosikan produk dan layanan mereka di internet. Beberapa agen khusus membantu merek dalam membuat konten tentang topik apa pun. Jika Anda mahir atau menguasai tulis-menulis, juga memiliki kemampuan melakukan riset, Anda dapat bekerja sebagai penulis konten.

Untuk memulai, mulailah segera dengan bergabung dengan platform penulisan online seperti Elance, Freelancer, Upwork, Peopleperhour, dll.

6.Penulisan buku/blog

Anda dapat memulai blog di Blogger atau WordPress dan menulis tentang topik yang Anda minati. Jika blog Anda menarik, bukan hal yang mustahil Anda dapat menghasilkan uang dari sana. Akan datang tawaran dari pihak luar. Sudah banyak blogger mendapatkan hal ini.

Selain itu, Anda juga dapat menulis e-book dan menerbitkannya secara online di Amazon atau Kindle. Ini membutuhkan investasi nol tetapi dapat memberi Anda keuntungan yang signifikan dalam jangka panjang, meskipun Anda mungkin harus berinvestasi di resensi buku sebelum menerbitkannya.

7.Florist

Ilustrasi/foto: Greta Hoffman, pexels.com

Membuka toko bunga mungkin menjadi salah satu pilihan menarik. Apalagi jika Anda suka berkebun. Bunga bukan hanya mempercantik suasana di rumah tapi juga dicari banyak orang untuk memperindah pesta atau acara-acara istimewa, dll. Ada banyak kreasi bunga, Anda bisa mempelajarinya.

8.Konsultan properti

Ketika orang berinvestasi di properti atau asuransi, mereka membutuhkan kepastian dan nasihat yang tepat. Sayangnya, dengan fokus pada pemenuhan target finansial, dua elemen ini sulit ditemukan akhir-akhir ini. Jika Anda konsisten dengan layanan Anda, nama Anda dapat dengan cepat berkembang lewat promosi dari mulut ke mulut, yang pada akhirnya mengarah pada pertumbuhan bisnis yang signifikan.

9.Agen investasi

Jika Anda adalah seseorang dengan wawasan investasi yang hebat, Anda dapat membantu orang-orang dengan pilihan investasi mereka seperti pasar saham, reksa dana, SIP, dan lainnya. Sebagai permulaan, lansia yang ingin mengelola keuangan ekstra mereka dapat menjadi klien utama Anda.

10.Bisnis Pusat penitipan bayi

Saat ini banyak para pasangan muda bekerja yang memiliki anak. Suami-istri bekerja, mereka kadang kebingungan bagaimana pengasuhan anak-anak mereka. Ini lah yang menjadi peluang sebagian orang untuk berusaha di bidang penitipan anak. Anda pun bisa mempertimbangkan untuk terjun di bisnis ini.

Meninggalkan anak mereka dengan seseorang yang berpengalaman akan menanamkan rasa aman pada para orangtua. Selain itu, kebijaksanaan, kehangatan, dan cinta yang diterima anak mereka akan selalu dihargai!

11.Pelatih penyembuhan / Pelatih kehidupan

Ilustrasi/foto: A Koolshooter, pexels.com

Apakah Anda pandai yoga, meditasi, atau penyembuhan chiropractic? Pertimbangkan untuk menjadi pelatih penyembuhan. Lansia sering mengalami sakit ringan dan keseleo yang bisa Anda obati. Pada saat yang sama, Anda dapat membentuk komunitas yang mereka sukai untuk menjadi bagian dari persahabatan. Anda juga dapat menjadi pelatih kehidupan, pelatih karir, pelatih hubungan, pelatih agama, atau konselor pernikahan. “Ada kemungkinan tak terbatas untuk memulai kehidupan impian Anda setelah pensiun.”

12.Bisnis Tour and Travel untuk warga lanjut usia

Orang dewasa senior selalu mencari teman dan lingkungan yang aman untuk bepergian. Jika Anda berasal dari latar belakang pariwisata dan mengetahui semua detail bisnis ini, Anda dapat membangun komunitas online Anda yang mengkhususkan diri dalam wisata religi, budaya, spiritual, dan tamasya untuk orang tua. Anda tidak perlu memiliki perusahaan besar karena Anda cukup membuat komunitas di platform media sosial seperti Facebook atau WhatsApp.

13.Layanan Homestays

Apakah Anda memiliki beberapa kamar tambahan di rumah Anda? Apakah Anda ingin menjamu orang? Anda mungkin ingin melakukan investasi kecil dalam merapikan rumah Anda untuk menyambut keluarga atau pasangan yang mencari homestay. Anda dapat mendaftarkan rumah Anda dengan portal online (misalnya, Airbnb) dan memberikan komisi per pemesanan.

14.Penjualan langsung/pemasaran jaringan

Perusahaan menjual berbagai macam produk menggunakan penjualan langsung. Ini sering mengharuskan Anda untuk menghadiri sesi pelatihan awal tentang penjualan dan produk mereka, diikuti dengan pertemuan mingguan dengan kolega dan manajer upline Anda. Bisnis ini juga tumbuh dari publisitas dari mulut ke mulut dan membangun kepercayaan.

15.Ubah hobi Anda menjadi bisnis

Apakah Anda pandai fotografi, melukis, atau dekorasi rumah? Manfaatkan keterampilan ini untuk menghasilkan uang – hanya sedikit pelatihan bersama dengan pembaruan industri, dapat membantu Anda memulai. Jika Anda dapat dengan andal menunjukkan keahlian Anda, Anda akan melakukan apa yang Anda sukai dalam waktu singkat sambil juga menghasilkan uang.

Nah, itu lah 15 ide bisnis dengan modal minim yang bisa Anda lakukan. Apakah tertarik?

Sebagai catatan, jika Anda merasa belum tahu banyak tentang bisnis yang menarik hati Anda, silahkan ikuti kelas online atau bisa mencari informasinya di Youtube. ***dnr

Related posts

Kementan Gandeng TNI Gencarkan Penandaan dan Pendataan Ternak Pasca Vaksinasi PMK 

admin

Kini hanya Kelompok Rentan yang Dapat Vaksin Covid Gratis! Di Luar Itu harus Bayar!

admin

Jangan Khawatir Konsumsi Daging Sapi Kaya Protein, Vitamin B dan Mineral

admin

Divisi Infanteri 3 Kostrad Melaksanakan Tradisi Pelepasan Mayjen TNI Choirul Anam

admin

Mentan Dorong Petani Percepat Masa Tanam 2024

admin

Press Release Terkait KKB di Papua

adminppad

Leave a Comment